Akademisi UGM Temukan Alat Deteksi Dini Kanker Nasofaring Ini

By , Senin, 27 Januari 2014 | 17:42 WIB
()

Kanker nasofaring (NPC) merupakan salah satu kanker dengan angka kejadian rendah, kurang dari 1 per 100 ribu penduduk per tahun di dunia. Namun, negara-negara tertentu di kawasan Afrika dan Asia Tenggara memiliki angka kejadian yang tergolong menengah sampai dengan tinggi. Salah satunya di Indonesia— dengan angka kejadian 6,2 per 100 ribu penduduk per tahun.

Di Indonesia, penyakit yang menyerang daerah leher kepala ini menempati urutan keempat di antara jenis kanker yang lain. Sayangnya deteksi dini terhadap gejalanya belum banyak dikembangkan. Hingga sebagian besar penderita datang dalam kondisi stadium lanjut.

“Dengan keadaan stadium lanjut maka tingkat keberhasilan penanganan penyakit rendah, yaitu kurang dari 30 persen. Selain itu penanganannya pun  harus dengan terapi kombinasi yakni radioterapi dan kemoterapi dengan efek samping tinggi dan biaya mahal,” kata Dewi Kartika Paramita dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), penemu alat deteksi dini kanker nasofaring, baru-baru ini di UGM Yogyakarta.

“Sedangkan NPC stadium dini dapat ditangani dengan radioterapi saja, dengan tingkat keberhasilan lebih dari 80 persen, efek samping yang lebih rendah dan biayanya relatif murah. Untuk itu dibutuhkan metode untuk mendeteksi NPC pada stadium dini,” urainya.

Dewi menyebutkan, selama ini deteksi NPC yang dikembangkan dilakukan dengan uji di laboratorium ELISA. Pengembangan alat deteksi dengan metode ELISA di Fakultas Kedokteran UGM dimulai oleh Jajah Fachiroh. Pengujian dengan metode ini membutuhkan alat khusus untuk membaca hasil dengan waktu pengerjaan 4-5 jam dan juga biaya relatif mahal. Satu kali tes atau uji setidaknya menelan biaya hingga Rp250.000.

Belakangan ini, Dewi mengembangkan alat deteksi dini NPC yang mudah, cepat, dan akurat. Bahkan dengan biaya yang jauh lebih murah. Satu kit alat tes yang diberinama IgG NPC Strip ini harganya Rp50.000. Alat akan dilempar ke pasaran dalam waktu dekat setelah proses registrasi ke Kementrian Kesehatan RI. Penelitian mengenai NPC tersebut awalnya dimotori oleh Prof. Sofia Mubarika.

Alat ini diharapkan mampu mendeteksi kanker nasofaring pada stadium awal. Dengan begitu angka kesembuhan kanker nasofaring dapat ditingkatkan.

Berdasarkan Dewi, jika NPC bisa diketahui sejak dini maka hasil pengobatan bisa lebih baik dibanding daripada yang sudah diketahui stadium lanjut. Tingkat keberhasilannya bisa mencapai 80 persen.

Deteksi dini terhadap NPC juga dapat menekan biaya pengobatan karena belum membutuhkan berbagai terapi. Penderita NPC stadium awal dapat ditangani dengan radioterapi. Selain itu dengan deteksi dini juga akan meminimalkan efek samping terapi pada penderita.

Deteksi NPC dilakukan dengan menggunakan protein dari virus Epstein-Barr (EBV). Pasalnya NPC memiliki keterkaitan dengan EBV. Karenanya beberapa protein EBV dapat digunakan sebagai marker untuk mendeteksi NPC.

Dewi Kartika Paramita, S.Si., M.Si., Ph.D., seorang dosen di Fakultas Kedokteran UGM dan penemu alat deteksi dini kanker nasofaring. (Arsip UGM)

“IgG NPC Strip ini memakai protein EBV sebagai antigen untuk mendeteksi antibodi IgG terhadap protein EA pada pasien kanker nasofaring,” jelasnya sembari menambahkan, pembuatan alat deteksi NPC kerja sama dengan Lab Hepatika NTB.

Satu kit IgG NPC Strip berisi 1 strip yang dibungkus aluminium foil dengan rapat, 1 tube berisi 100 µL larutan buffer untuk mengencerkan darah, 1 lancet, dan 1 stik plastik untuk memasukkan darah ke dalam larutan buffer. Penggunaan alat deteksi NPC cukup mudah layaknya alat tes kehamilan. Namun dalam tes ini menggunakan satu tetes darah pasien untuk diuji serumnya.

Darah kemudian diencerkan dengan larutan buffer yang telah tersedia pada kit. Selanjutnya NPC strip dicelupkan pada larutan.