Pahit-Manis Kenangan Piala Dunia 1938: Hindia Belanda Disikat Hungaria

By National Geographic Indonesia, Minggu, 12 September 2021 | 19:11 WIB
Tim sepakbola Hindia Belanda ketika berlaga dengan tim Belanda di Stadion Amsterdam, 1938. Tim ini kalah tanding dengan Hungaria pada Piala Dunia 1938 di Prancis. Tim Hindia Belanda terdiri dari pemain dari Jawa, Maluku, Tionghoa, Indo-Belanda, serta pelatihnya yang asal Belanda. (sportgeschiedenis)

Nationalgeographic.co.id—Sebelum berlaga di ajang Piala Dunia 1938 di Prancis, tim Hindia Belanda berangkat menggunakan kapal laut Baluran. Mereka meninggalkan Pelabuhan Tanjung Priok pada 27 April 1938, dan tiba di pelabuhan Genoa di Italia, sebulan kemudian, demikian laporan surat kabar mingguan yang terbit di Batavia, Java Bode. Tim Hindia Belanda terdiri atas pemain dari Jawa, Maluku, Tionghoa, Indo-Belanda, serta pelatihnya yang asal Belanda.

Dikutip situs Java Post, rombongan Achmad Nawir dan kawan-kawan ini kemudian menuju Belanda dengan mengendarai kereta api. "Disambut hujan gerimis serta ratusan penggemarnya, mereka tiba di stasiun Den Haag pada18 Mei," tulis situs tersebut. Beberapa ratus orang penggemar disebutkan menyambut kedatangan mereka dengan teriakan yel-yel.

Menginap selama sekitar stau bulan di Hotek Duinoord, di Kota Wassenaar, tim Hindia Belanda menggelar sejumlah laga persahabatan antara lain melawan klub asal Den Haag (skor akhir 2-2) dan klub Haarlem (5-3).