Ratusan Objek Kosmis dengan Orbit Aneh Ditemukan di Luar Neptunus

By Wawan Setiawan, Selasa, 14 September 2021 | 18:00 WIB
Banyak dari objek yang baru ditemukan berasal dari Sabuk Kuiper, wilayah jauh dari tata surya yang penuh dengan benda-benda es. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Selama enam tahun lebih, para astronom dan ilmuwan melakukan pencarian di luar angkasa. Upaya ini telah menjaring sebanyak 461 objek yang baru ditemukan di luar Neptunus. Objek-objek tersebut termasuk empat di antaranya yang memiliki jarak lebih dari 230 unit astronomi (AU) dari Matahari. Satuan unit astronomi (AU) adalah jarak dari Bumi ke Matahari, sekitar 93 juta mil atau 149,6 juta kilometer.

Pengamatan baru yang menggunakan data dari Survei Energi Gelap telah memetakan struktur galaksi alam semesta dan materi gelap sejak tahun 2013. Pengamatan yang dilakukan dengan bantuan Teleskop Blanco yang ada di Cerro Tololo, Chili selama enam tahun terakhir ini berhasil mendeteksi sebanyak 817 objek baru yang sudah dikonfirmasi. Namun sebanyak 461 objek masih membutuhkan konfirmasi lebih lanjut.

Menurut laporan ScienceAlert, hasil kajian selama enam tahun tentang objek-objek tersebut pertama kali diposting di server pracetak arXiv. Sedangkan makalahnya telah diserahkan ke jurnal untuk peer review.