Selidik National Geographic: Kenapa Ayam Jantan Berkokok Setiap Pagi?

By National Geographic Indonesia, Selasa, 14 September 2021 | 21:03 WIB
Kokok ayam adalah suara yang paling mudah dikenali selain suara kucing dan anjing. Apa yang membuat satwa ini berkokok di pagi hari? (The Self Sufficient Home Acre)

Nationalgeographic.co.id—Kokok ayam adalah suara yang paling mudah dikenali selain suara kucing dan anjing. Apa yang membuat satwa ini berkokok di pagi hari? Kokok ayam dideskripsikan sebagai onomatopuitik, istilah imitasi vokal dari suara yang dikeluarkan. Jika dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya dengan kukuruyuk, dalam bahasa inggris suaranya dikenal dengan cock-a-doodle-doo, di Jerman ki-ke-ri-ki, dan di Jepang ko-ke-kok-koh.

Sebenarnya ayam jantan berkokok sepanjang waktu: Saat mendengar suara mobil, atau saat seseorang masuk ke wilayah mereka. Suara kokok akan dikeluarkan oleh ayam jantan yang ingin memberi tahu ayam jantan lainnya tentang batas wilayah, juga untuk berkomunikasi.

Walaupun ayam jantan terdengar berkokok tanpa alasan dan kebanyakan dilakukan saat matahari terbit, selama bertahun-tahun para peneliti berpendapat bahwa hal itu disebabkan karena mereka merespon perubahan cahaya. Hal ini juga terjadi saat mereka melihat lampu mobil atau sumber cahaya buatan lainnya.