Bentuk Hutan Tertua di Dunia Ternyata Tidak Serupa Hutan Hari Ini

By Utomo Priyambodo, Rabu, 15 September 2021 | 14:00 WIB
Jaringan akar dari salah satu jenis pohon tertua di dunia yang menjadi fosil. (Stein et al., Current Biology, 2019)

Nationalgeographic.co.id—Bentuk hutan tertua di dunia tidaklah seperti hutan-hutan yang kita lihat hari ini. Temuan jaringan fosil dari jaringan akar berusia 385 juta tahun membuat para ilmuwan membayangkan kembali seperti apa hutan pertama di dunia itu.

Gambar yang para ilmuwan itu lukis berdasarkan jaringan fosil pohon tersebut sangat berbeda dengan hutan-hutan yang ada hari ini. Di dekat kota kecil Cairo di bagian utara New York, Amerika Serikat, para ilmuwan telah merekonstruksi sisa-sisa hutan tua yang perkasa dan dewasa. Hutan kuno ini merupakan rumah bagi setidaknya tiga tanaman yang mirip pohon-pohon paling awal di dunia.

Beberapa tanaman ini, yang dikenal sebagai cladoxylopsid, tampak seperti batang besar seledri yang menjulang 10 meter ke langit. Tanaman lainnya, yakni Archaeopteris, menyerupai pohon pinus, tetapi dengan daun berbulu seperti pakis. Tanaman ketiga yang sudah lama hilang, yakni Eospermatopteris, mirip dengan pohon palem, dengan dasar bulat dan kanopi cabang mirip pakis.