Jawaban Sains untuk 'Bisakah Seseorang Berjalan Di Atas Air?'

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 17 September 2021 | 17:00 WIB
Beberapa cara yang bisa dilakukan seorang manusia jika mereka ingin 'berjalan di atas permukaan air'. (Adventuresingrace)

Nationalgeographic.co.id—Berapa banyak dari kita yang mencoba berlari ke kolam renang ketika kita masih kecil, berharap bisa menyeberang tanpa tenggelam? Semua orang mungkin pernah melakukannya. Akan tetapi, yang membuat cemas, berjalan di atas air pasti membuat kita tercebur konyol ke bawah air hanya dalam hitungan detik.

Air, seperti yang Anda ketahui, mencakup hampir 70% dari total luas permukaan Bumi, yang menjadikan lautan sebagai moda perjalanan yang sangat penting. Akan jauh lebih mudah, jika kita dapat melintasi lautan dan samudra tanpa bantuan perahu, kapal laut atau transportasi udara sekalipun.

Ini sangat sulit karena, seperti yang Anda tahu, kita tidak bisa berdiri tegak di atas air tanpa tenggelam. Namun, alasan kita tenggelam setiap kali kami mencoba berjalan di permukaan adalah karena airnya tidak ‘cukup padat’.

Ada cara mudah untuk membuat air menjadi ‘cukup padat’. Untuk memahami bagaimana cara melakukan ini, pertama-tama kita perlu mengetahui alasan: Mengapa kita tenggelam?