Menyingkap Kisah Letnan Belanda Melihat Hantu Saat Peperangan Aceh

By Galih Pranata, Senin, 20 September 2021 | 22:30 WIB
Ilustrasi sosok putih di hutan belantara, penggambaran sosok yang dilihat Schoemaker dan sekilwaknya. (Bonjour from Brittany)

Nationalgeographic.co.id—Belanda telah berupaya menguasai seluruh daratan di Indonesia selama berabad-abad lamanya. Banyak hal yang dialami mereka saat hidup bersama di Hindia-Belanda. Salah satunya adalah adanya kesaksian tentang hantu Aceh yang dikisahkan oleh Letnan J.P. Schoemaker saat bertugas jaga di salah satu benteng Belanda di Aceh. 

"Bentengnya berbeda dengan benteng lain, berada jauh melewati hutan" Letnan Schoemaker mengisahkan tentang bentengnya tempat ia berjaga kepada Letnan H. Aars. Kemudian oleh Aars ditulis ke dalam buku berjudul Tjerita-Tjerita dari Negeri Atjee atau Cerita-Cerita dari Negeri Aceh, terbitan tahun 1891.

Benteng itu terletak tidak jauh dari Kota Radja (sekarang Banda Aceh). Lokasinya terpencil melewati hutan. Akses menuju benteng itu hanya melewati satu jalan kecil. "Masoeq doeloe di satoe oetan besar, seperapat djam bagitoe lantas orang ketemoe satoe galangan, di moeka galangan itoe ada satoe kebon teboe, jang soeda ditinggali poenjanja (ditinggalkan pemiliknya). Kaloe soeda liwat ini kebon teboe, baroe orang sampej di benteng" tulisnya.