Singkap Misteri Rawa Gambut yang Mengekalkan Ratusan Mumi Manusia

By National Geographic Indonesia, Sabtu, 18 September 2021 | 23:30 WIB
Lelaki Grauballe adalah mumi rawa yang ditemukan pada 1952 dari rawa gambut dekat desa Grauballe di Jutland, Denmark. Tubuh pria ini berasal dari akhir abad ke-3 SM, pada awal Zaman Besi Jerman. (Mosegaard-Museum Denmark)

Nationalgeographic.co.id—Rawa gambut itu mungkin pusat sumber daya bernilai tinggi dan pintu gerbang gaib yang dituju banyak orang bahkan dari jarak yang jauh. Penelitian terus menunjukkan setidaknya dua jasad berusia 2.000 tahun itu telah melakukan perjalanan sebelum kematian mereka.

Dilemparkan ke lahan basah Eropa Utara, jasad di rawa itu telah lama muncul samar-samar bagi arkeolog karena kuburan gelap dan berair mereka. Tapi petunjuk baru telah datang untuk mengungkap misteri berabad-abad tentang asal-usul mereka.

Lebih dari 500 jasad dan kerangka dari rawa Zaman Besi yang berasa dari 800 SM-200 M telah ditemukan di Denmark saja, dengan lebih banyak lagi digali di Jerman, Belanda, Inggris, dan Irlandia.

Sebagian besar kulit, rambut, pakaian, dan isi perut mayat telah terawetkan dengan sangat baik, berkat kondisi rawa gambut asam, miskin oksigen, yang terdiri dari tumpukan lapisan lumut mati.