Empat Dinosaurus Ditemukan di Montana, Salah Satunya Mirip Burung Unta

By Ricky Jenihansen, Kamis, 23 September 2021 | 11:05 WIB
Kelsie Abrams, Burke Museum Fossil Prep Lab Manager, memeriksa fosil dari Flyby Trike saat menggali di timur laut Montana. (BURKE MUSEUM)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim ahli paleontologi dari University of Washington dan Burke Museum of Natural History menggali empat dinosaurus di timur laut Montana, Amerika Serikat musim panas ini. Salah satu dari keempat fosil itu kemungkinan adalah spesies langka Anzu yang mirip burung unta.

Pada Juli 2021, tim relawan, staf paleontologi, pendidik K-12 yang merupakan bagian dari program Sekolah Lapangan DIG dan mahasiswa dari University of Washington dan universitas lain bekerja sama untuk menggali dinosaurus itu. Fosil-fosil itu ditemukan di Formasi Hell Creek, sebuah formasi geologis yang berasal dari bagian terakhir Zaman Kapur, 66 hingga 68 juta tahun yang lalu.

Penggalian paleontologi yang khas melibatkan penggalian satu fosil yang diketahui. Namun, Proyek Hell Creek adalah kolaborasi penelitian berkelanjutan dari ahli paleontologi dari seluruh dunia yang mempelajari kehidupan tepat sebelum, selama dan setelah peristiwa kepunahan massal peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen yang membunuh semua dinosaurus kecuali burung. Proyek Hell Creek unik karena mengambil sampel semua kehidupan tumbuhan dan hewan yang ditemukan di seluruh formasi batuan dengan cara yang tidak bias.