Pulau Penjaga di Utara Jakarta

By , Senin, 12 Mei 2014 | 16:33 WIB

“Itu Sibira di utara kita!” teriak Pendi dari ujung haluan perahu, sambil matanya menatap cakrawala. Samar-samar tampak gugus sebuah pulau di antara buih gelombang.

Pendi memang bukan wajah baru bagi penduduk pulau yang dalam jajaran Dinas Perhubungan Laut lebih dikenal sebagai Pulau Jaga Utara, mengingat pulau ini memang ‘penjaga’ paling utara dari perairan Teluk Jakarta.

Pendi setidaknya sudah lebih lima kali bolak balik melayari rute ini. Tempat-tempat yang dulu senyap, kini bersalin rupa jadi lokasi wisata yang ramai. Perubahan mencolok terjadi pada pesisir Teluk Jakarta.

Pulau Bidadari yang dulu relatif sepi, kini sudah mirip pinggan berisi cendol. Padat wisatawan domestik, tak cuma di hari Sabtu dan Minggu. Pulau Kelor dan Pulau Ubi yang dulu ditinggalkan penghuninya karena tergerus abrasi, dan sempat jadi tempat pengasingan para penyandang kusta, kini cagar budaya itu malah jadi daerah tujuan wisatawan yang ingin berfoto pre-wedding dengan latar belakang bangunan-bangunan benteng tua. Bahkan pesta perkawinan aktris ibukota digelar di situ baru-baru ini.

Nama Sibira sendiri tidak asing di telinga. Sejak kecil, saat diajak ayah-ibu ‘piknik’ ke oseanorium Pasar Ikan, atau saat mincing kepiting di rawa-rawa yang kini bernama Taman  Impian Jaya Ancol, sering terbetik nama Sibira dalam obrolan orang pesisir.

Bagi warga Sibira, pulau terpencil seluas 9 hektare, atau sekitar delapan kali luas lapangan sepak bola itu, jarang sekali orang luar singgah.

“Sibira kini sudah berbeda, jauh lebih maju dari 23 tahun lalu. Ingat kan? Dulu sepi banget. Sampan cuma beberapa buah. Rumah-rumah mirip gubuk punggung, dinding gedhek atap kraras kelapa. Penduduk cuma beberapa puluh, jarang orang luar datang. Sampai-sampai saat kita mampir, semua penduduk di pantai menyambut seperti kedatang rombongan raja,” kenang Pendi, tertawa.

Saya ingat tanggal 2 September 1990, saat Pendi mengajak mampir ke Sibira, banyak penduduk belum pernah melihat wujud kereta api, Monas, ataupun gajah di Kebun Binatang Ragunan. Jangankan melihat langsung benda-benda modern tersebut, bahkan rumah jaga mercusuar pun belum dilengkapi inventaris pesawat televisi hitam-putih.

“Saya pernah lihat gambar gajah dan Monas dari kalender bekas,” ucap seorang anak.

Jakarta memang bukan cuma kawasan real-estate Pondok Indah ataupun keramaian Jalan Thamrin. Sibira jauh terpencil di utara Jakarta, rindu ada dokter tinggal di pulau itu. Sibira rindu listrik masuk desa. Sibira belum pernah melihat wajah gubernurnya.

Eksodus

Bagaimana pulau kosong ini bisa jadi salah satu pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu? Mercusuar dan para petugas jaga memang telah lebih dulu memposisikan keberadaan dirinya di pulau. Tapi warga ber-KTP DKI baru tinggal di Sibira tahun 1970-an, saat serombongan nelayan eksodus dari Pulau Genteng (sekitar enam jam berlayar dari situ) dan memilih Sibira sebagai kampung halaman baru.

Mereka datang dalam rombongan pertama sekitar 40 keluarga. Ada beberapa alasan eksodus. Sebagai tempat bermukim, Pulau Genteng terasa makin sempit.