Temuan Delapan Guci Emas di Kolombia Dikaitkan dengan Kota Legendaris

By Utomo Priyambodo, Kamis, 23 September 2021 | 19:00 WIB
Salah satu guci keramik yang berisi emas dan zamrud yang ditemukan di dekat Bogota, Kolombia. (Francisco Correa)

Nationalgeographic.co.id—Delapan guci keramik berisi zamrud, emas, dan perak ditemukan di dalam sebuah kuil dan kuburan yang letaknya berdekatan di Kolombia. Para arkeolog menemukan benda-benda logam dan permata itu di dekat Bogota, ibu kota Kolombia.

Para arkeolog meyakini orang-orang Muiska kuno yang juga disebut sebagai Chibcha telah membuat guci-guci yang disebut "ofrendatarios" itu sekitar 600 tahun yang lalu. Orang-orang Muiska yang peradabannya berkembang di wilayah tersebut pada saat itu, terkenal dengan keterampilan kerajinan logam mereka. Karya-karya mereka itu mungkin telah mengilhami cerita legenda El Dorado —kota legendaris yang terbuat dari emas atau kerap juga disebut kota emas yang hilang.

Antara tahun 1537 dan 1540, Spanyol menaklukkan wilayah tersebut. Banyak orang Muiska tewas akibat pertempuran atau karena penyakit selama periode tersebut. Meskipun hancur lebih akibat perang dan penyakit, orang-orang Muiska tetap bertahan dan ribuan keturunan mereka masih hidup hingga hari ini.