Kembar Identik Mungkin Berbagi Satu Set Penanda Khusus pada DNA Mereka

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Agnes Loonstra dan Ester Scholten. (François Brunelle/INSDER )

Nationalgeographic.co.id - Saudara kembar yang identik terbiasa berbagi banyak hal dengan saudara kembarnya, termasuk DNA mereka. Namun penelitian baru menunjukkan bahwa semua kembar identik memiliki kesamaan tanda kembar, bukan dalam DNA mereka, tetapi di atasnya DNA mereka.

Tanda khas ini adalah bagian dari epigenom, penanda kimia yang menandai banyak titik di sepanjang DNA dan memengaruhi aktivitas gen tanpa mengubah urutannya. Kembar identik di mana-mana sebagian besar berbagi serangkaian tanda tertentu yang bertahan dari lahir hingga dewasa, para peneliti melaporkan 28 September di Nature Communications. Tag epigenetik bersama ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang-orang yang dikandung sebagai kembar identik tetapi kehilangan saudara kandung mereka di dalam rahim atau dipisahkan saat lahir.

"Makalah ini benar-benar menarik," kata Nancy Segal, seorang psikolog perkembangan di California State University, Fullerton, yang telah meneliti anak kembar tetapi tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Penelitian ini menetapkan dasar bagi para ilmuwan untuk lebih memahami "apa yang mungkin menyebabkan sel telur yang dibuahi membelah dan membentuk kembar monozigot [identik]," katanya.

“Terlepas dari ketertarikan kuno manusia dengan kembar identik, proses biologis yang menghasilkan mereka, yang dikenal sebagai kembaran monozigot, adalah sebuah teka-teki,” kata Jenny van Dongen, ahli epigenetik di Vrije Universiteit Amsterdam.

Baca Juga: Umeno Sumiyama dan Koume Kodama, Kembar Identik Tertua di Dunia

Para peneliti tahu bahwa kembar identik terbentuk setelah sel telur yang dibuahi, yang disebut zigot, entah bagaimana membelah menjadi dua embrio selama perkembangan. Akan tetapi mengapa pembelahan ini terjadi masih belum diketahui, kata van Dongen. Untuk sebagian besar, kembar identik tidak berjalan dalam keluarga, dan mereka terjadi pada tingkat yang kira-kira sama di seluruh dunia - sekitar 3 hingga 4 per 1.000 kelahiran. Tanpa penyebab genetik atau lingkungan yang jelas, hipotesis yang berlaku adalah bahwa kembar identik muncul secara acak, katanya.

Perkembangan awal, baik untuk kembar maupun non-kembar, terjadi di tengah serangkaian perubahan epigenetik yang menghidupkan atau mematikan banyak gen saat embrio terbentuk. Beberapa dari perubahan ini mungkin menjelaskan sedikit perbedaan antara kembar identik. Jadi untuk lebih memahami apa yang membuat zigot membelah untuk membentuk kembar identik, “masuk akal untuk melihat epigenetika,” kata van Dongen.

Dia dan rekannya mencari perbedaan epigenetik di lebih dari 450.000 situs di sepanjang genom hampir 6.000 kembar monozigot dan kembar dizigotik, atau fraternal. Membandingkan kembar identik dengan kembar fraternal, sebagai lawan membandingkan kembar dengan non-kembar, memungkinkan para peneliti untuk mengesampingkan perubahan epigenetik yang berasal dari pengalaman yang tidak biasa berbagi rahim.

Pada 834 titik di sepanjang genom, kembar identik sangat mirip, para peneliti menemukan. Tanda epigenetik bersama ini terkonsentrasi di bagian genom tertentu, termasuk daerah sentromer dan telomer pada kromosom. Beberapa tanda berada di dekat gen yang terlibat dalam proses perkembangan awal, termasuk yang mengatur seberapa erat sel menempel satu sama lain. Apakah perbedaan ini memiliki konsekuensi kesehatan untuk kembar identik tidak jelas, kata van Dongen.

Baca Juga: Keunikan DNA Manusia Modern yang Diwarisi oleh Nenek Moyang Mereka

Tanda-tanda epigenetik ini muncul pada kembar muda dan tua, dari tempat-tempat yang jauh seperti Finlandia hingga Australia dan ditemukan dalam jenis sel yang berbeda. Tanda-tanda yang dibagikan sangat umum untuk kembar identik sehingga para peneliti dapat merancang tes yang dapat menentukan, dengan akurasi hingga 80 persen, apakah seorang individu adalah kembar identik. Itu termasuk individu yang tidak tahu bahwa mereka kehilangan saudara kembarnya selama kehamilan, sebuah fenomena yang dikenal sebagai sindrom kembar yang hilang, dan anak kembar yang terpisah saat lahir.