Fosil Dinosaurus Ceratosuchops inferodios Ditemukan di Inggris

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:00 WIB
rekonstruksi kehidupan Ceratosuchops (kiri) dan Riparovenator (kanan) (Live science)

Nationalgeoraphic.co.id-Fosil temuan baru mengungkapkan bahwa setidaknya dua dinosaurus karnivora bergigi dengan tengkorak yang menyerupai buaya pernah menguasai tepi sungai di Isle of Wight, Inggris.

Para ilmuwan memberi makhluk itu nama ilmiah yang diterjemahkan menjadi "burung bangau neraka bertanduk, berwajah buaya" dan "pemburu tepi sungai." Predator ini adalah spesies awal spinosaurid, kerabat aneh, mungkin amfibi Spinosaurus yang lebih besar dari Tyrannosaurus rex dan memiliki layar besar di punggungnya.

Kedua spesies baru ini memiliki tengkorak memanjang seperti buaya layaknya Spinosaurus, tetapi tidak ada bukti untuk layar yang serupa. Ceratosuchops inferodios, "burung bangau neraka" yang baru ditemukan, diketahui hanya dari beberapa fragmen tengkorak, sedangkan "pemburu tepi sungai" Riparovenator milnerae, dinamai untuk menghormati ahli paleontologi Inggris Angela Milner, diketahui dari potongan tengkorak dan beberapa tulang ekornya. Sebelumnya, hanya satu jenis spinosaurid yang ditemukan di Inggris: pemburu bercakar yang dikenal sebagai Baryonyx.

"Kami telah mengetahui selama beberapa dekade sekarang bahwa dinosaurus yang mirip Baryonyx menunggu untuk ditemukan di Isle of Wight, tetapi menemukan sisa-sisa dua hewan tersebut secara berurutan adalah kejutan besar," anggota penulis studi Darren Naish, seorang Ahli paleontologi Inggris, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Naish juga menulis tentang temuannya di blognya, Tet Zoo.

Baca Juga: Singkap Fosil Psittacosaurus, Petunjuk Dinosaurus Pipis dan Kawin

 

Keanekaragaman predator

Meskipun dua spesies baru diketahui dari hanya beberapa tulang, fragmen tulang yang ditemukan sangat jelas, karena termasuk tempurung otak dan gigi dinosaurus. Cangkang otak berisi banyak petunjuk anatomi untuk mengidentifikasi spesies yang berbeda, termasuk penempatan saraf dan perlekatan otot. C. inferodios memiliki dahi yang kental dengan tanduk dan tonjolan yang rendah.

"Kami menemukan tengkorak berbeda tidak hanya berbeda dari Baryonyx, tetapi juga tidak sama satu sama lain, menunjukkan Inggris memiliki keragaman spinosaurid yang lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya," Chris Barker, seorang mahasiswa doktoral di University of Southampton dan penulis utama studi tersebut, dalam pernyataan.

Kedua spesies baru ini hidup sekitar 125 juta tahun yang lalu, pada awal periode Kapur — sekitar 25 juta tahun lebih awal dari Spinosaurus yang suka berlayar. Mereka mungkin mengintai saluran air dari dataran banjir kuno, bertingkah seperti bangau yang sangat besar dan bergigi. Mereka mungkin menangkap ikan dan mangsa darat menggunakan rahang mereka, yang sangat cocok dengan gaya berburu ini. Kedua spesies tersebut kemungkinan tumbuh hingga sekitar 9 meter, berdasarkan ukuran tengkorak mereka (1 meter). Bentuk tengkorak yang berbeda dari kedua spesies menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki gaya berburu yang sedikit berbeda, yang memungkinkan Baryonyx, C. inferodios, dan R. milnerae menemukan banyak makanan di lanskap bersama.

"Mungkin terdengar aneh memiliki dua karnivora yang mirip dan terkait erat dalam suatu ekosistem, tetapi ini sebenarnya sangat umum untuk dinosaurus dan banyak ekosistem hidup," anggota penulis studi David Hone, dosen senior dan direktur program ilmu biologi di Queen Mary University of London, mengatakan dalam pernyataan itu.

Baca Juga: Spicomellus afer, Spesies Baru Dinosaurus Herbivora dari Maroko