Kerangka Prajurit Bizantium dengan Rahang Emas Ditemukan di Yunani

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Ilustrasi kepala prajurit Bizantium yang dipenggal (Live Science)

Nationalgeographic.co.id-Studi baru menemukan bahwa seorang prajurit Bizantium yang bentengnya direbut oleh Utsmaniyah dan kepalanya dipenggal pada abad ke 14, memiliki rahang berulir emas. Analisis dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa rahang prajurit itu mengalami keretakan yang parah akibat insiden yang ia alami. Namun seorang dokter mengikat rahang prajurit yang retak itu dengan kawat yang terbuat dari emas untuk pemulihan.

“Rahang prajurit itu hancur menjadi dua bagian,” ujar seorang profesor antropologi Anagnostis Agelarakis di Departemen Sejarah Adelphi University, New York. Penemuan studi mengenai kesembuhan rahang yang berusia hampir 650 tahun ini merupakan penemuan yang luar biasa. Pasalnya hal ini menunjukkan ketelitian para profesional medis yang mampu menyatukan dua fragmen utama rahang yang telah mengalami kerusakan.

Hal ini juga menunjukkan bahwa profesional medis pada masa itu telah mengikuti saran yang diberikan oleh dokter Yunani abad kelima sebelum masehi Hippocrates. Hippocrates telah menulis sebuah studi yang menjelaskan mengenai cedera rahang sekitar 1.800 tahun sebelum prajurit itu terluka.

Baca Juga: Prajurit Berpedang Abad Pertengahan Ditemukan di Dasar Danau Lituania

Agelarakis dan rekannya menemukan tengkorak dan rahang bawah prajurit itu di Benteng Polystylon, yang merupakan situs arkeologi di Thrace Barat, Yunani, pada 1991. Menurut penelitian, ketika prajurit itu masih hidup di abad ke-14, Kekaisaran Bizantium yang juga dikenal masa kekaisaran Romawi Timur ia sedang menghadapi serangan dari Utsmaniyah. Mengingat ia dipenggal, ada kemungkinan ia bertempur sampai Ottoman mengalahkan benteng Polystylon.

“Tampaknya benteng itu tidak menyerah, tetapi tetap harus diambil paksa,” tulis Agelarakis dalam penelitiannya.

Lalu saat benteng itu jatuh, Utsmaniyah kemungkinan besar menangkap dan kemudian memenggal kepala prajurit itu. Setelah itu orang tidak dikenal kemungkinan datang dan mengambil kepala prajurit itu dan menguburnya diam-diam tanpa sepengetahuan dari penakluk karena sisa tubuh tidak ditemukan. Hal ini diungkapkan Agelarakis dalam studinya tersebut.

“Prajurit itu tidak diberi kuburannya sendiri, kepalanya dikuburkan di kuburan anak berusia lima tahun yang dimakamkan di tengah pemakaman dua puluh petak di bentang Polystylon,” tambahnya.

Orang yang memakamkan kepala prajurit itu diduga menggunakan bejana keramik yang sudah pecah untuk menggali lubang pemakaman. Hal ini diketahui dari pecahan bejana juga ditemukan di pemakaman itu.

Tidak diketahui apakah anak berusia lima tahun dan prajurit itu memiliki hubungan. Mengingat rahang dan tengkoraknya ditemukan bersamaan. Tengkorak yang ditemukan itu juga kemungkinan memiliki jaringan lunak di atasnya ketika dikuburkan pada pertengahan tahun 1380-an.

“Tengkorak yang ditemukan memberikan bukti bahwa adanya benturan frontal mengerikan,yang ditimbulkan pada kematian pria itu,” ujar Agelarakis.

Agelarakis merinci pemakaman unik dalam sebuah penelitian yang ia terbitkan pada 2017 di jurnal Byzantina Symmeikta. Namun penelitian tersebut hanya membahas secara singkat rahang prajurit yang sembuh, jadi Agelarakis menyelidikinya secara rinci dan menulis makalah baru kedua.