Burung Purba Mengganti Gigi Layaknya Buaya Modern yang Hidup Saat Ini

By Agnes Angelros Nevio, Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:00 WIB
peneliti menemukan bahwa dinosaurus terbang mengganti giginya seperti buaya (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id - Burung-burung yang berterbangan di Zaman Dinosaurus memiliki berbagai macam gigi di mulutnya. Burung bergigi punah bersama dengan sepupu raksasa mereka, dan dinosaurus modern, yang sekarang kita kenal dengan burung - sudah ompong.

Ahli paleontologi telah mengetahui bahwa burung bergigi hidup di Mesozoikum sejak penemuan ikonik Archaeopteryx yang pada abad ke-19. Mereka juga menemukan bahwa burung-burung ini mengganti giginya mirip dengan beberapa reptil, tetapi pemeriksaan rinci tentang proses penggantian gigi itu terbatas.

Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam Scientific Reports, Mahasiswa Pascasarjana In-Residence di Natural History Museum of Los Angeles County's Dinosaur Institute, Becky Wu, bersama dengan tim peneliti internasional dari NHMLAC, menggunakan pencitraan pindaian CT untuk mendapatkan tampilan detail pertama pada pola penggantian gigi tiga burung dari Zaman Kapur yang sudah punah yang baru-baru ini ditemukan dari Brasilia.

Wu dan rekan-rekannya menduga bahwa untuk lebih memahami proses dan pola penggantian gigi, mereka harus melihat ke dalam rahang. Sementara penelitian sebelumnya telah mengeksplorasi penggantian gigi pada burung purba, mereka terbatas terutama pada apa yang bisa mereka lihat di luar. Wu dan rekan-rekannya menerapkan Komputer mikro tomography pada fosil di Molecular Imaging Center di University of Southern California.

Baca Juga: Yuanchuavis kompsosoura, Spesies Baru Burung Purba Pemilik Ekor Unik

Sama seperti pindai CT di rumah sakit atau di dokter gigi, teknologi ini membantu memvisualisasikan pembentukan gigi burung baru di tulang rahang yang diawetkan dengan baik, membantu Wu dan rekan-rekannya lebih dekat ke akar pola penggantian gigi pada burung purba ini.

"Kami sedikit menebak tentang situasi ini," kata Wu. "Kami pikir mereka mungkin memiliki gigi pengganti, dan sangat senang menemukannya. Ini adalah pertama kalinya kami dapat merekonstruksi gigi pengganti pada deretan gigi burung, termasuk gigi yang masih dalam tahap awal."

"Pelestarian besar fosil dan pindai CT resolusi tinggi memungkinkan hal ini," lanjut Wu, "Kami memiliki catatan penggantian gigi dalam berbagai tahap perkembangan; data baru ini memberi kami gambaran tentang siklus pergantian gigi mereka. spesimen telah mempertahankan gigi fungsional dan gigi pengganti yang berdekatan, sekarang kami dapat memvisualisasikan pola penggantian gigi mereka."

"Kami membutuhkan teknologi data tiga dimensi seperti sinkronisasi dan pemindaian CT untuk memahami evolusi dan pola penggantian gigi dan mekanisme proses regenerasi yang rumit ini," kata Wu.

Baca Juga: Apakah Dinosaurus Juga Sering Jatuh Sakit dan Terluka Seperti Manusia?

Para peneliti menemukan pola pergantian gigi dengan cara bergantian, mirip dengan pola yang ditemukan pada dinosaurus dan buaya lain. Meskipun nenek moyang buaya dan dinosaurus berpisah jutaan tahun sebelum salah satu kelompok muncul, buaya saat ini adalah satu-satunya kerabat yang bergigi rapat dengan burung. Temuan penelitian menyiratkan bahwa kontrol genetik untuk penggantian gigi bertahan dari perpecahan itu.

"Buaya dan burung berdiri di dua ujung silsilah keluarga yang beragam dan terhubung, tetapi kesamaan penggantian gigi mereka menunjukkan bahwa mekanisme genetik di balik proses ini mungkin memiliki asal yang lebih dalam di pohon keluarga itu. Kami masih membutuhkan lebih banyak data untuk mengisi kesenjangan pengetahuan kami, termasuk data tentang nenek moyang dan kerabat buaya dan dinosaurus dan data tentang garis keturunan yang lebih dekat dengan burung."