Mengapa MH17 Tertembak Rudal Padahal Terbang di 30.000 Kaki?

By , Jumat, 18 Juli 2014 | 14:55 WIB

Pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 yang ditembak jatuh rudal di wilayah udara Ukraina diduga terbang di wilayah udara yang ditutup. Otoritas pengendali udara Pan Eropa, Eurocontrol menerbitkan NOTAM tersebut sebelum penerbangan MH17.

Menurut Airliners.net, Eurocontrol telah menerbitkan NOTAM (Notice to Airmen), semacam pemberitahuan yang diterbitkan oleh otoritas penerbangan kepada pilot tentang potensi bahaya suatu penerbangan yang akan dilaluinya, bisa cuaca, abu vulkanik, atau termasuk zona larangan terbang.

Dalam NOTAM yang dirilis pada 17 Juli 2014 pukul 00.00 GMT, Eurocontrol menyatakan bahwa terjadi aksi peperangan wilayah udara perbatasan Ukraina dan Federasi Rusia. Sementara penerbangan MH17 berangkat sekitar pukul 10.00 GMT dari bandara Schipol, Amsterdam.

Di wilayah udara tersebut terjadi aksi penembakan dari wilayah Ukraina ke wilayah Rusia. Untuk memastikan keselamatan penerbangan, wilayah udara tersebut ditutup hingga ketinggian 32.000 kaki.

Namun dikutip dari Flightglobal, otoritas Eurocontrol mengatakan bahwa MH17 terbang di area ketinggian yang dilarang.

"Rute ketinggian yang dilewati MH17 memang boleh dilewati," terang Eurocontrol.

Dalam NOTAM-nya, Eurocontrol memang menetapkan wilayah udara Ukraina tersebut tertutup hingga ketinggian 32.000 kaki saja, sementara MH17 terbang di ketinggian 33.000 kaki (lebih tinggi 1000 kaki).

Namun, dikutip dari Dailymail, sistem misil BUK yang diduga menghancurkan MH17 ternyata memiliki jangkauan tembak hingga ketinggian 75.000 kaki.

Atas dasar inilah Eurocontrol kemudian memutuskan untuk benar-benar menutup wilayah udara Ukraina. "Semua rencana penerbangan yang diisi menggunakan rute tersebut saat ini kami tolak," ujar pernyataan Eurocontrol. "Rute tersebut akan ditutup hingga peberitahuan lebih lanjut," imbuh mereka.

Eurocontrol juga menyertakan daftar airways dan waypoint yang tidak boleh dilintasi dalam NOTAM tersebut. Seperti airways L980 dan A87, jalur udara yang diyakini dilewati oleh MH17 sesaat sebelum hilang kontak.

Penerbangan MH17 terhenti saat melintasi waypoint GANRA (N48°26'43.00" E037°11'13.00") dan waypoint TAMAK (N47°51'24.00" E039°13'06.00") yang berada di sebelah timur perbatasan Ukraina dengan Rusia.

Menurut data dari Flighradar 24, penerbangan MH17 berakhir antara kedua waypoint tersebut di wilayah Snizhne, Ukraina, pada 17 Juli 2014 pukul 13:21 GMT, di ketinggian 33.000 kaki dalam kecepatan 490 knot.

Jejak penerbangan MH17 pada 17 Juli 2014 bisa dilihat melalui situs Flightradar 24 dengan mengunjungi tautan berikut ini.

Berikut NOTAM yang dikeluarkan Eurocontrol pada 17 Juli 2014, 00.00 GMT:

URRV V6158/14 17JUL0000-31AUG2359

Q) URRV/QARLC/IV/NBO/E/000/530/4818N04023E095A) URRV B) 1407170000 C) 1408312359 EST

E) DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FIRING FROM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:

A100 MIMRA - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND) ,B145 KANON - ASMIL,G247 MIMRA - BAGAYEVSKIY NDB (BA),A87 TAMAK - SARNA,A102 PENEG - NALEM,A225 GUKOL - ODETA,A712 TAMAK - SAMBEK NDB (SB),B493 FASAD - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),B947 TAMAK - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),G118 LATRI - BAGAYEVSKIY NDB (BA),G534 MIMRA - TOROS,G904 FASAD - SUTAG,R114 BAGAYEVSKIY NDB (BA)-NALEM.SFC - FL320.