Menyingkap Jejak Viking di Kepulauan Terpencil Samudra Atlantik

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Bangsa Viking adalah pelaut dan mereka membangun kapal indah yang tercatat dalam sejarah. Terdapat dua gelombang besar penyebaran populasi kucing di dunia, salah satunya lewat migrasi dari Eropa bersama kapal Viking. Kepulauan Azores yang terpencil di Samudera Atlantik menawarkan bentang alam yang indah. Pendudukan awal diperkirakan dilakukan oleh orang Viking. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id - Bentang alamnya yang indah, memiliki banyak pulau dan danau daratan tipis di tengah Samudera Atlantik, menjanjikan destinasi wisata alam. Kepulauan Azores berada di sekitar 1.300 kilometer di sebelah barat Portugal dan menjadi bagian dari negara itu.

Berdasarkan catatan sejarah Eropa, kepulaan ini baru ditemukan pada 1427 oleh pelaut Portugis Diogo da Silves berlabuh di musim panas, dan menamai pulau tempatnya berlabuh sebagai Santa Maria.

Namun dalam sebuah studi baru di jurnal PNAS berjudul Climate change facilitated the early colonization of the Azores Archipelago during medieval times, mengungkap indikasi pelaut Viking sudah tiba di sana 700 tahun lebih awal dari de Silves dan para awaknya.