Kleptotrichy: Sebuah Kata Baru Untuk Burung Pencuri Bulu Hewan

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 8 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Burung Titmouse Jambul hitam tertangkap sedang mencabut bulu rubah yang tidur. (Science News For Student)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa burung kecil yang disebut titmice mengambil risiko besar untuk berani mengumpulkan rambut hewan lain untuk membangun sarang mereka. Mereka menyerang kucing, Mereka mendarat di punggung pemangsa yang tertidur dan bahkan Mereka mencabuti helaian rambut langsung dari kepala orang. Sekarang, ada istilah untuk perilaku yang tidak biasa ini adalah: kleptotrichy.

Kata "kleptotrichy" berasal dari kata Yunani untuk "mencuri" dan "rambut." Perilaku ini jarang dijelaskan oleh para ilmuwan. Tetapi lusinan video YouTube menangkap burung saat beraksi, para peneliti melaporkan 27 Juli di Ecology. Titmice—dan satu chickadee—telah direkam di video menarik rambut dari anjing, kucing, manusia, rakun dan bahkan landak.

“Pengamat burung, dan orang-orang yang memlihara anjing mengetahui perilaku ini lebih dari para ilmuwan itu sendiri,” kata Mark Hauber. Dia adalah ahli perilaku hewan di University of Illinois di Urbana-Champaign. “Pengamatan populer mendahului sains daripada sebaliknya, yang merupakan cara yang valid untuk melakukan sains,” tambah Hauber.