Cara-cara Efektif Meringankan Stres

By , Kamis, 7 Agustus 2014 | 16:10 WIB

Merasa stres dan bosan setelah lama bekerja? Survei tahun 2013 menemukan, delapan dari sepuluh pekerja di Amerika merasa stres dengan pekerjaannya. Perlu diingat bahwa stres dapat berpengaruh pada kesehatan. 

Beberapa gejala akibat stres yang berlebih ialah menurunnya hasrat seks dan daya tahun tubuh serta meningkatnya rambut rontok. Pengelolaan tingkat stres akan berpengaruh baik pada kesehatan, seperti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan jantung.

Anggapan menonton siaran televisi favorit atau bermain video games terbaru dapat dijadikan alternatif menghilangkan stres setelah jam kerja, ditepis sebuah studi di tahun 2014. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Communication tersebut mengungkapkan empat cara efektif ringankan stres.

1. Matikan seluruh perangkat elektronik

Tahun 2015, para ilmuwan memprediksi rata-rata 16 jam dihabiskan orang untuk mengkonsumsi media, seperti televisi, media sosial dan telepon. Peneliti menemukan bahwa smartphone sangat berpengaruh dalam peningkatan stress. Selain itu, penggunaan Facebook dan media sosial lainnya secara berlebihan juga semakin menurunkan tingkat kebahagiaan seseorang.

Cara mudah meringankan stres dengan matikan seluruh gadget dan media sosial yang dimiliki. Catat seluruh gadget yang digunakan dan berapa lama yang diperlukan untuk mengaksesnya.

2. Asupan

Pilihan makanan dapat membantu mengatur tingkat stres. Beberapa makanan itu antara lain coklat hitam, omega-3, dan buah-buahan asam.

Dalam coklat hitam terkandung banyak antioksidan yang tidak hanya mengurangi stress tapi juga menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Coklat hitam menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Di samping itu, 65% kakao-nya dapat meningkatkan mood yang baik.

Sementara omega-3 yang dapat ditemukan pada alpukat, ikan tuna, salmon, dan sarden, membantu menurunkan stres, depresi, dan kecemasan.

Buah-buahan asam mengandung vitamin C, dapat ditemukan dalam buah jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan anggur. Buah-buahan tersebut dapat menghilangkan stres. 

3. Bergeraklah

Olahraga jadi alternatif lain untuk menekan tingkat stres. Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan aktivitas fisik dapat mengatur tingkat stres dan cemas. Aktivitas fisik yang patut untuk dicoba antara lain, lari, menari, yoga, tai-chi, dan pilates.