Ilmuwan Melihat 'Makhluk Misterius' Raksasa Saat Meneliti Kapal Karam

By Utomo Priyambodo, Senin, 11 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Hewan misterius (Screenshot video OceanX)

Nationalgeographic.co.id—Bisa menemukan bangkai kapal karam di dasar laut adalah sesuatu yang cukup keren. Apalagi kalau bisa melihat makhluk laut besar dan misterius yang nongkrong di bangkai kapal tersebut.

Itulah yang terjadi pada para awak kapal penelitian OceanX OceanXplorer saat melakukan ekspedisi di Laut Merah pada akhir tahun 2020. Setahun kemudian, OceanX mengungkapkan lebih banyak informasi tentang hewan luar biasa yang berenang melewati kamera kendaraan jarak jauh mereka.

Kala itu kendaraan jarak jauh tersebut memeriksa bangkai kapal penumpang Pella di Laut Mati. Kendaraan jarak jauh tersebut menyelam hingga kedalaman hampir 850 meter.

Ahli zoologi dan cumi-cumi Mike Vecchione telah mempelajari video penampkan hewan raksasa misterius yang direkam oleh kendaraan jarak jauh OceanX tersebut. Ia kemudian mengatakan bahwa meskipun besar, hewan itu bukan "cumi-cumi raksasa" yang terkenal karena proporsi tubuh dan bentuk siripnya. Vecchione mengidentifikasinya sebagai contoh jumbo atau individu besar dari cumi-cumi terbang punggung ungu.