Ketahui Tujuh Jenis Olahraga Paling Efektif

By , Kamis, 21 Agustus 2014 | 06:00 WIB

Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tak hanya di gym. Jika Anda ingin berolahraga tanpa membayar, berikut daftar olahraga paling efektif yang bisa Anda lakukan di luar gym.

1. Jalan

Anda bisa melakukannya di mana saja, kapan saja. Dengan alat treadmill atau hanya dengan sepasang sepatu yang bagus. Bagi Anda yang akan memulai jalan sehat, mulailah dengan berjalan selama 5 hingga 10 menit, dan terus tambahkan durasinya hingga kira-kira 30 menit. Semakin Anda membuat kemajuan, perpanjang waktu jalan sebelum meningkatkan kecepatan jalan.

2. Pelatihan interval

Menambahkan pelatihan interval pada latihan cardio Anda dapat meningkatkan kebugaran, membakar lebih banyak kalori, dan membantu menurunkan berat badan. Variasikan intensitas latihan aerobik Anda supaya tubuh lebih tertantang, bukan bermalas-malasan di zona nyaman Anda.

Lakukan push-up selama 1-2 menit, lalu istirahat selama 2-10 menit (tergantung latihan Anda), dan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk kembali memulihkan tubuh.

3. Squats (jongkok)

Dengan melakukan squats, otot quadriceps, paha belakang, dan gluteals bekerja bersamaan. Bentangkan kaki selebar bahu, posisi punggung tegak. Tekuk lutut dan turunkan tubuh Anda seolah-olah sedang duduk di kursi.

Anda bisa melakukannya dengan bantuan kursi. Pertama, duduk di kursi lalu berdiri kembali. Selanjutnya, jangan duduk sepenuhnya (seperti ingin duduk, tapi Anda sudah bangkit kembali sebelum tubuh Anda menyentuh kursi). Setelah itu Anda akan mahir melakukan squats tanpa kursi.

4. Lunges (tekuk lutut)

Sama seperti squats, beberapa otot bagian bawah tubuh Anda bekerja bersamaan ketika Anda melakukan lunges. Anda juga bisa semakin menambahkan kemampuan menyeimbangkan tubuh. 

Ambil langkah besar ke depan, jaga tulang belakang Andatetap lurus. Tekuk lutut depan sekitar 90 derajat. Jaga berat badan pada jari-jari kaki dan jatuhkan lutut ke arah lantai, tanpa menyentuh lantai. Anda juga bisa melakukannya ke arah samping kanan dan kiri.

5. Push-up