150 Tahun Sebelum Colombus, Pelaut Italia Sudah Mengetahui Amerika

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Analisis baru dari dokumen kuno menyebutkan bahwa seorang Pelaut Italia Sudah Temukan Amerika Serikat Sebelum Christoper Colombus. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian terbaru terhadap tulisan-tulisan kuno menunjukkan bahwa para pelaut di Italia mengetahui Amerika terlebih dulu. Mereka mengetahuinya 150 tahun sebelum penemuan Columbus yang terkemuka itu.

Berdasarkan hasil temuan pada 1345 oleh biarawan Milan, Galvaneus Flamma, pakar sastra Latin Abad Pertengahan Profesor Paolo Chiesa telah menghasilkan penelitian yang menakjubkan. Penelitian ini mengacu pada daerah yang saat ini dikenal dengan Amerika Utara.

Menurut Chiesa, berdasarkan dari esai kuno yang ditemukan pada 2013, menjelaskan bahwa para pelaut dari Genoa sudah mengetahui tanah Amerika yang dikenali sebagai Markland atau Marckalada. Menurut beberapa sumber di Islandia dan berdasarkan identifikasi oleh ahli, ini merupakan bagian dari pantai Atlantik Amerika Utara atau yang biasa diasumsikan sebagai Labrador atau Newfoundland.