Barang Raib? Tim Insinyur MIT Menciptakan Robot Pencari Barang Hilang

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Robot Ciptaan MIT (Scientific Today)

Nationalgeographic.co.id—Seorang pekerja yang sibuk siap untuk berjalan keluar pintu, hanya untuk menyadari bahwa mereka telah kehilangan kunci mereka dan harus mencari di antara tumpukan barang untuk menemukannya. Dengan cepat memilah-milah kekacauan, mereka berharap bisa mengetahui tumpukan mana yang kira-kira memiliki kunci.

Para peneliti di MIT telah menciptakan sistem robot yang dapat melakukan hal merepotkan itu. RFusion adalah lengan robot dengan kamera dan antena frekuensi radio (RF) yang terpasang pada grippernya. Robot ini menggabungkan sinyal dari antena dengan input visual dari kamera untuk mencari dan mengambil benda, bahkan jika benda terkubur di bawah tumpukan dan benar-benar tidak terlihat.

Menggunakan pembelajaran mesin, lengan robot secara otomatis membidik lokasi objek yang tepat, memindahkan item di atasnya, menggenggam objek, dan memverifikasi bahwa benda itu telah mengambil benda yang benar. Kamera, antena, lengan robot, dan AI terintegrasi penuh, sehingga RFusion dapat bekerja di lingkungan apa pun tanpa memerlukan pengaturan khusus.