Misteri Fisika Berabad-abad Terkait Tiga Benda Akhirnya Terpecahkan

By Utomo Priyambodo, Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Professor Hagai Perets dan Yonadav Barry Ginat. Masalah tiga benda adalah salah satu misteri tertua dalam fisika. Ini menyangkut gerakan sistem tiga benda, seperti Matahari, Bumi, dan Bulan. (Technion-Israel Institute of Technology )

Nationalgeographic.co.id—Masalah tiga benda adalah salah satu misteri tertua dalam fisika. Permasalahan ini menyangkut gerakan sistem tiga benda –seperti Matahari, Bumi, dan Bulan– dan bagaimana orbitnya berubah dan berevolusi karena gravitasi timbal baliknya.

Ketika satu objek besar mendekati objek yang lain, gerakan relatif kedua objek itu mengikuti lintasan yang ditentukan oleh gaya tarik gravitasi timbal balik keduanya. Namun ketika kedua objek itu bergerak bersama dan mengubah posisi mereka di sepanjang lintasan mereka, gaya di antara mereka, yang bergantung pada posisi timbal balik mereka, juga berubah. Pada akhirnya hal ini mempengaruhi lintasan mereka dan lain-lain.

Untuk dua benda (misalnya seperti Bumi yang bergerak mengelilingi Matahari tanpa pengaruh benda lain), orbit Bumi akan terus mengikuti kurva yang sangat spesifik, yang dapat dijelaskan secara akurat secara matematis (elips).