Kabar dari Jepang, Munculnya Virus Infeksi Baru yang Ditularkan Kutu

By Ricky Jenihansen, Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Virus Yezo ditularkan melalui gigitan kutu. (Ricky Jenihansen)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan di Jepang melaporkan telah mengidentifikasi virus baru yang ditularkan melalui gigitan kutu, bernama virus Yezo. Virus tersebut menyebabkan penyakit yang ditandai dengan gejala deman dan penurunan trombosit darah dan leukosit.

Virus Yezo ditemukan setelah seorang pria berusia 41 tahun dirawat di rumah sakit pada tahun 2019 dengan demam dan sakit kaki setelah digigit oleh arthropoda yang diyakini sebagai kutu saat dia berjalan di hutan lokal di Hokkaido. Dia dirawat dan dipulangkan setelah dua minggu, tetapi tes menunjukkan dia tidak terinfeksi virus yang diketahui dibawa oleh kutu di wilayah tersebut. Pasien kedua muncul dengan gejala yang sama setelah gigitan kutu pada tahun berikutnya.

Analisis genetik virus yang diisolasi dari sampel darah kedua pasien menemukan jenis orthonairovirus baru, kelas nairovirus, yang mencakup patogen seperti virus demam berdarah Krimea-Kongo. Para ilmuwan Jepang akhirnya mengidentifikasi virus yang sebelumnya diketahui tidak dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit.