Film 'Onoda', Kisah Nyata Gerilya Tentara Jepang Meski Perang Usai

By Sysilia Tanhati, Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Film 'Onoda: 10,000 Nights in the Jungle' yang mengabadikan kisah biografi Hiroo Onoda, tentara Jepang yang menolak menyerah dan bersembunyi di Pulau Lubang, Filipina, selama 29 tahun. Film ini mendapat penghargaan sebagai nomine Un Certain Regard Award di Festival Film Cannes pada 2021. (IMDb)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah film produksi internasional tentang seorang tentara Jepang yang tinggal di hutan Filipina selama 29 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, telah ditayangkan perdana di Festival Film Cannes pada Juli silam.

Film ini menceritakan kisah nyata Hiroo Onoda, seorang letnan dua di Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Onoda pernah dilatih sebagai perwira intelijen sebelum dikirim ke Pulau Lubang pada Desember 1944.

Onoda: 10,000 Nights in the Jungle, demikian judul film ini, akan dirilis di Jepang pada akhir 2021. Film ini disutradarai oleh Arthur Harari, nomine Un Certain Regard dalam Festival Film Cannes di Paris. Pemeran Onoda muda adalah Yuya Endo, sedangkan Onoda tua diperankan Kanji Tsuda. Kendati mendapat penghargaan dalam Festival Film Cannes di Prancis, diperkirakan tidak akan menarik minat sebanyak di luar negeri.