Ketahui Delapan Produk Gagal Apple

By , Sabtu, 24 Januari 2015 | 16:00 WIB

iPad, iPhone, iPod, dan komputer Mac adalah produk-produk fenomenal yang membesarkan nama Apple menjadi raksasa teknologi dunia. Kunci suksesnya terletak pada desain premium, fungsi yang sesuai kebutuhan, serta jadwal peluncuran produk yang tepat waktu.

Namun, di sisi lain kisah sukses Apple tersebut, ada pula sejumlah produk gagal yang mereka hasilkan (dilihat dari sisi komersial). Untung saja, jejeran produk ini tidak lantas menurunkan pamor Apple sebagai merek bergengsi di kalangan konsumen. Inilah delapan produk di antaranya yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Apple III

Apple III adalah komputer pertama dari Apple yang tidak dirancang oleh Steve Wozniak, mitra kerja Steve Jobs saat mendirikan Apple. Diluncurkan pada tahun 1980 dan diproyeksikan sebagai penerus kesuksesan Apple II, komputer ini malah mencatat hasil yang terbalik 180 derajat.

Apple III tampil dalam wujud yang gemuk, motherboard yang cepat panas, dan sistem operasi yang sering crash. Walhasil, komputer ini dianggap sebagai produk gagal pertama Apple.

Apple sempat berusaha memperbaiki masalah ini dengan memunculkan model Apple III Plus satu tahun kemudian dan Apple IIc (Apple II versi compact) pada tahun 1984. Tapi, upaya ini pun tidak kunjung mencapai keberhasilan.

Lisa

Apple menelurkan PC pertama dengan antarmuka nonteks pada tahun 1983, datang dengan GUI (Graphic User Interface) dan sebuah mouse untuk mengoperasikannya. Diberi nama Lisa (seperti nama anak pertama Steve Jobs), PC ini dipandang sebagai produk yang inovatif dan mengusung teknologi canggih seperti multitasking dan memory protection.

Namun, dengan harga awal US$10 ribu, Lisa terlalu mahal untuk dimiliki banyak orang. Lisa hanya terjual 10 ribu unit, membuat Apple harus menelan kerugian besar. Pasalnya, ongkos produksi Lisa menghabiskan US$150 juta. Penerusnya, Lisa 2, dijual di tahun 1984 dengan harga US$5.000 dan tetap gagal di pasaran.

Hingga di tahun 1986, Apple akhirnya memberikan penawaran bagi pemilik Lisa untuk melakukan trade-in dengan komputer Macintosh dengan harga US$1.500 saja.

20th Anniversary Mac

Apple merayakan ulang tahun keduapuluh pada tahun 1997 dengan merilis 20th Anniversary Mac (TAM). PC all-in-one ini hadir dengan monitor LCD 12 inci (berbeda dengan kebanyakan PC di pasaran yang masih mengandalkan monitor CRT), drive CD di bagian depan, speaker stereo terintegrasi, dan subwoofer Bose, serta dilengkapi keyboard dan trackpad.

Karena berstatus sebagai “kado” ulang tahun istimewa, TAM dibanderol senilai US$7.500 oleh Apple. Akibatnya, PC ini tidak sukses secara komersial. Kendati diproduksi dalam jumlah terbatas (12 ribu unit), hanya sedikit yang terjual. Bahkan, Apple sampai harus mengkortingnya menjadi US$2.000 saja.