Hubble Mengungkap Bukti Atmosfer Uap Air di Bulan-bulan Es Jupiter

By Wawan Setiawan, Jumat, 29 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Sebuah analisis baru dari gambar arsip dan spektrum kini Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA/ESA telah mengungkap bahwa uap air juga hadir di atmosfer Europa bulan es Jupiter. (ESA/Hubble, J. da Silva)

Nationalgeographic.co.id—Bulan-bulan es milik Jupiter saat ini telah menarik perhatian para astronom, sebab teleskop Hubble telah menemukan bukti adanya uap air, bukan hanya di salah satu bulan saja, melainkan di bulan yang lainnya juga ditemukan.

Dalam penelitian sebelumnya, para astronom telah memperoleh bukti adanya uap air di atmosfer bulan Jupiter, Ganymede. Uap air ini terbentuk ketika es dari permukaan bulan menyublim, yaitu, berubah dari padat menjadi gas.

Sebuah analisis baru dari gambar arsip dan spektrum kini Hubble telah mengungkap bahwa uap air juga hadir di atmosfer bulan es Jupiter yang lainnya, Europa. Analisis tersebut menemukan bahwa atmosfer uap air hanya ada di satu belahan bulan. Hasil ini memajukan pemahaman kita tentang struktur atmosfer bulan-bulan es, dan membantu meletakkan dasar bagi misi sains mendatang yang akan menjelajahi bulan-bulan es Jupiter.