Kisah Violet Gibson, Wanita Irlandia yang Menembaki Mussolini

By Sysilia Tanhati, Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Stigma terhadap penyakit mental membuat kisah Violet Gibson terlupakan selama beberapa dekade ()

Nationalgeographic.co.id—Selama hidupnya, hanya empat orang yang berhasil melakukan upaya pembunuhan yang patut diperhitungkan terhadap Benito Mussolini. Mussolini  adalah seorang diktator fasis terkenal yang membawa Italia ke dalam Perang Dunia II dan menginspirasi Adolf Hitler.

Dari keempatnya, hanya satu—wanita Inggris-Irlandia bernama Violet Gibson—yang hampir berhasil membunuh sang Diktator. Wanita berusia 50 tahun itu menjadi berita utama pada 7 April 1926, ketika dia menembaki Mussolini dan hampir mengubah sejarah. Tetapi pada tahun-tahun setelah aksinya itu, Gibson diasingkan ke rumah sakit jiwa. Kisahnya pun terlupakan.

Hampir seabad kemudian, negara asal Gibson di Irlandia berencana untuk melakukan penghormatan untuk Violet Gibson. Dewan Kota Dublin baru-baru ini meloloskan mosi yang memberikan persetujuan awal untuk pemasangan plakat untuk menghormati Gibson. Para pejabat juga mempertimbangkan untuk menjadikan rumah masa kecilnya di lingkungan Merrion Square sebagai rumah bersejarah.