Kuda Nil Kokain Pablo Escobar Disterilkan Guna Mengendalikan Populasi

By Agnes Angelros Nevio, Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Sebuah tanda peringatan untuk kuda nil dekat Hacienda Nápoles di Doradal, Kolombia. (Live science)

Nationalgeographic.co.id-Petugas satwa liar di Kolombia mulai mensterilkan kuda nil kokain yang dulunya milik gembong narkoba terkenal Pablo Escobar. Langkah ini untuk memastikan bahwa populasi kuda nil tersebut tidak terus bertambah, yang dapat merusak ekosistem sungai dan mengancam satwa liar dan manusia.

Kawanan kuda nil ini sekarang sudah mencapai sekitar 80 ekor, dan mereka mendiami jaringan sungai berawa dekat Medellín, Kolombia, di mana Escobar memiliki perkebunan Hacienda Nápoles dan di mana ia mendirikan kebun binatang pribadi. Empat kuda nil melarikan diri dari kebun binatang pada tahun 1993 setelah polisi membunuh Escobar, dan hewan invasif, yang dianggap terlalu berbahaya untuk ditangkap, dengan cepat beradaptasi dengan rumah baru mereka dan telah berkembang biak di alam liar sejak itu.

Sementara itu, kawanan kuda nil yang melarikan diri menjadi salah satu masalah yang membuat para pejabat Kolombia menjadi pusing. Daripada memusnahkan kawanan yang tumbuh cepat, ahli biologi memilih untuk mensterilkan hewan, dan mereka mulai dengan memberikan dosis vaksin kontrasepsi kepada 24 kuda nil, untuk membuat mereka tidak subur.

Para ilmuwan dengan Regional Autonomous Corporation of the Negro and Nare River Basins (CORNARE) menggunakan vaksin yang disebut GonaCon, yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Satwa Liar Nasional Departemen Pertanian AS (USDA) pada awal 1990-an sebagai kontrasepsi untuk rusa.

Baca Juga: Terlalu Sering Buang Air Besar, Tinja Kuda Nil Bunuh Banyak Ikan

“USDA menyumbangkan 55 dosis obat ke CORNARE, yang disuntikkan oleh para ahli satwa liar melalui panah pada dua kelompok kuda nil di wilayah Magdalena Medio Kolombia,” kata perwakilan CORNARE dalam sebuah pernyataan. Selama beberapa bulan ke depan, tim CORNARE akan terus memberikan GonaCon kepada kuda nil lainnya.

GonaCon bekerja pada hewan jantan maupun betina dengan merangsang produksi antibodi yang mengganggu produksi hormon seks yang disebut gonadotropin, sehingga mengurangi aktivitas seksual dan menghambat reproduksi "selama tingkat aktivitas antibodi cukup," menurut USDA.

Vaksin tersebut bertahan beberapa tahun dan telah digunakan untuk mengendalikan populasi rusa dan kuda liar di AS, sapi liar di Hongkong, dan kanguru di Australia, menurut CORNARE.

Selain kuda nil Escobar, hewan ini hanya ditemukan di alam liar di Afrika tengah dan selatan, di mana mereka berasal dari 30 negara, menurut African Wildlife Foundation (AWF). Ada dua spesies kuda nil: kuda nil biasa (Hippopotamus amphibius ) dan kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis).

“Kuda nil di Kolombia adalah kuda nil biasa, yang dapat tumbuh hingga panjang 5 meter dan beratnya dapat mencapai 4.500 kilogram,” kata AWF.

Kuda nil adalah hewan herbivora; mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka berkubang di air dangkal dan muncul di malam hari untuk merumput, menurut Kebun Binatang San Diego. Seekor kuda nil dewasa mengonsumsi rata-rata sekitar 40 kilogram rumput per hari. Kuda nil juga menghasilkan jumlah kotoran yang luar biasa; pada tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa kawanan sekitar 4.000 kuda nil yang berkubang di Sungai Mara di Kenya mengeluarkan sekitar 9,3 ton (8,4 metrik ton) per hari. Faktanya, volume kotoran kuda nil sangat besar sehingga dapat membunuh ikan di hilir.

Baca Juga: Kabar Baik, Kuda Nil Kerdil yang Terancam Punah Lahir di Kebun Binatang

Kehadiran kuda nil Escobar telah mengubah ekosistem dan menggusur satwa liar setempat, kata pejabat CORNARE dalam pernyataannya. Kuda nil dapat hidup hingga 50 tahun di alam liar dan tidak memiliki pemangsa alami di Kolombia; Seiring waktu, dampak lingkungan dari semua pembiakan, makan, dan buang air besar hanya akan meningkat, terutama jika kawanan terus bertambah. Semakin besar kawanan kuda nil, semakin besar kemungkinan bertemu dengan nelayan lokal, dan pertemuan itu dapat menyebabkan serangan terhadap manusia, menurut CORNARE.

Sterilisasi kimia lebih murah dan jauh lebih tidak berbahaya daripada pilihan lain untuk pengendalian populasi kuda nil, seperti pemusnahan atau pengebirian bedah. Namun, ini hanya tahap pertama dari proses vaksinasi, karena hewan sebesar ini kemungkinan akan membutuhkan tiga dosis GonaCon untuk memastikan sterilisasi mereka, kata perwakilan CORNARE.