Genom Kuda Purba Mengungkap Kapan Pertama Kali Kuda Dijinakkan

By Ricky Jenihansen, Senin, 25 Oktober 2021 | 18:00 WIB
Stepa Eurasia Barat, terutama wilayah Volga-Don bawah merupakan tanah air kuda domestik modern (Ricky Jenihansen)

Nationalgeographic.co.id—Analisis genom purba dari semua pusat domestikasi yang diperkirakan oleh tim peneliti internasional mengungkap awal mula kuda dijinakkan oleh manusia. Termasuk Iberia, Anatolia dan stepa Eurasia Barat dan Asia Tengah. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal bergengsi Nature dengan judul "The origins and spread of domestic horses from the Western Eurasian steppes".

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa kuda pertama kali dijinakkan di stepa Pontic-Caspian, Kaukasus utara, lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Domestikasi kuda telah mengubah mobilitas dan cara peperangan jarak jauh, tetapi asal-usul genetik dan geografis kuda domestik modern tetap tidak diketahui.

Oleh siapa dan di mana kuda modern pertama kali dijinakkan? Kapan mereka menaklukkan seluruh dunia? Dan bagaimana mereka menggantikan segudang jenis kuda lain yang ada pada waktu itu?. Misteri arkeologi yang sudah berlangsung lama ini akhirnya berakhir berkat tim yang terdiri dari 162 ilmuwan yang berspesialisasi dalam arkeologi, paleogenetika, dan linguistik.