Tata Surya Kita Mungkin Dikelilingi oleh Struktur Seperti Terowongan

By Wawan Setiawan, Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Kiri: Terowongan melengkung, dengan garis yang dibentuk oleh lampu terowongan dan penanda jalur jalan, membentuk geometri yang mirip dengan model yang diusulkan untuk North Polar Spur dan Fan Region. Kanan: Langit seperti yang terlihat dalam gelombang terpolarisasi radio. (DRAO/Villa Elisa telescope/ESA/Planck Collaboration/Stellarium/Jennifer West)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian astronom Universitas Toronto telah menunjukkan bahwa tata surya kita ini dikelilingi oleh terowongan magnetik yang dapat dilihat dalam bentuk gelombang radio.

Jennifer West, seorang rekan peneliti di Institut Dunlap untuk Astronomi & Astrofisika, baru-baru ini menemukan sebuah kasus ilmiah bahwa dua struktur terang yang terlihat di sisi berlawanan dari langit—yang sebelumnya dianggap terpisah—sebenarnya terhubung dan terbuat dari filamen seperti tali. Sambungan itu membentuk apa yang tampak seperti terowongan di sekitar tata surya kita.

Data hasil penelitian West tersebut telah diterbitkan dalam Astrophysical Journal pada 01 Oktober 2021 yang berjudul A Unified Model for the Fan Region and the North Polar Spur: A bundle of filaments in the Local Galaxy.