Mengapa Ada Salib Kristen di Kuburan Orang-Orang Yahudi di Italia?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 29 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Permakaman Yahudi di Italia. Salib adalah simbol Kekristenan yang paling terkenal di manapun. Namun simbol ini ternyata juga ditemukan di kuburan orang-orang Yahudi di Italia. (DIGLOGS)

Nationalgeographic.co.id—Salib adalah simbol Kekristenan yang paling terkenal di negara manapun. Namun simbol ini ternyata juga ditemukan di sebuah kompleks kuburan orang-orang Yahudi di Italia.

Simbol-simbol salib itu tepatnya ditemukan di kompleks katakomba Santa Rufina, bagian dari jaringan galeri bawah tanah yang terletak di lereng bukit di pinggiran kota Venosa. Kota pertanian yang tenang ini pernah menjadi pusat kota penting dan merupakan tempat kelahiran penyair Romawi Horatius.

Kapan pastinya kompleks katakomba itu dibangun tidaklah diketahui. Namun tampaknya jaringan katakomba itu dibangun dan digunakan antara abad keempat dan keenam. Dengan kata lain, kompleks katakomba ini digunakan selama periode ketika agama Kristen telah tumbuh dan mengakar kuat di Romawi. Bahkan, kaisar Romawi secara aktif mendukung perkembangan agama tersebut.