Bakteri Mematikan Ditemukan Dalam Kandungan Aromaterapi di Walmart

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 3 November 2021 | 18:00 WIB
Produk semprotan aromaterapi yang berasal dari India. (LiveScience)

 

Nationalgeograhic.co.id—Bakteri langka yang terkadang bisa memiliki efek yang mematikan telah ditemukan dalam produk semprotan aromaterapi yang dijual di Walmart, menurut otoritas kesehatan di Amerika Serikat. Produk tersebut dikaitkan dengan wabah misterius penyakit yang disebabkan oleh bakteri melioidosis, yang membuat empat orang sakit di AS tahun ini.

Wabah melioidosis, yang diumumkan pada bulan Agustus, telah membingungkan para peneliti karena bakteri yang menyebabkan penyakit ini, yang disebut Burkholderia pseudomallei, tumbuh di iklim tropis dan paling sering terlihat di Asia Tenggara dan Australia utara. Namun tidak satu pun dari empat warga AS yang sakit melioidosis telah melakukan perjalanan ke luar negeri. Dua dari empat pasien AS meninggal karena penyakit tersebut.

Petugas menggeledah rumah empat pasien, mencari produk impor yang mungkin menjadi sumber infeksi. Dan mereka telah menemukan kemungkinan tersangka: Produk semprotan aromaterapi, yang disebut "Better Homes & Gardens Lavender & Chamomile Essential Oil Infused Aromatherapy Room Spray with Gemstones," ditemukan di rumah salah satu pasien melioidosis yang sakit, dan produk tersebut diuji positif untuk B. pseudomallei, menurut pernyataan dari the Centers for Disease Control and Prevention (CDC).