Gobekli Tepe, Kuil Tertua di Dunia yang Jadi Daya Tarik Wisata Turki

By Utomo Priyambodo, Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Situs pemujaan berbantuk melingkar Gobekli Tepe telah mengubah cara para arkeolog melihat awal peradaban. (Vincent Musi/Nat Geo Image Collection)

Nationalgeographic.co.id—Sanliurfa, sebuah kota di tenggara Turki, memiliki tempat wisata yang jadi tujuan favorit para wisatawan di sana. Nama tempat itu adalah Gobekli Tepe yang dinobatkan sebagai kuil tertua di dunia.

Kuil kuno ini telah masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sejak 2011. Kuil ini ditemukan pada tahun 1963 ketika para peneliti dari sejumlah universitas di Istanbul dan Chicago bekerja di situs tersebut.

Walikota kota metropolitan Sanliurfa, Zeynel Abidin Beyazgul, dengan bangga mengatakan bahwa "Sanliurfa adalah kota sejarah, arkeologi dan pariwisata."

"Keberadaan Gobekli Tepe di Daftar Warisan Dunia UNESCO telah berkontribusi menjadikan Sanliurfa sebagai salah satu tempat yang paling terkenal di dunia," ujar Beyazgul seperti dilansir Anadolu Agency.