Mental Kognitif Menjadi Lebih Baik Pada Wanita 50 Tahun yang Menyusui

By Ricky Jenihansen, Jumat, 29 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Wanita di atas usia 50 tahun yang menyusui bayinya memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes kognitif (iStockPhoto)

Nationalgeographi.co.id—Penelitian baru dari University of California, Los Angeles Health Sciences mengungkapkan bahwa wanita di atas usia 50 tahun yang menyusui bayinya memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes kognitif dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyusui. Temuan menunjukkan bahwa menyusui mungkin memiliki dampak positif pada kinerja kognitif wanita pascamenopause dan dapat memiliki manfaat jangka panjang bagi otak. Laporan penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Evolution, Medicine and Public Health.

Molly Fox. PhD, penulis utama studi ini dan Asisten Profesor di Departemen Antropologi University of California, Los Angeles dan Departemen Psikiatri dan Ilmu Biobehavioral mengatakan, penelitian mereka menunjukkan kinerja kognitif superior di antara wanita di atas 50 tahun yang pernah menyusui, menunjukkan bahwa menyusui mungkin 'neuroprotektif' di kemudian hari.

"Sementara banyak penelitian telah menemukan bahwa menyusui meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang anak, penelitian kami adalah salah satu dari sedikit yang telah melihat efek kesehatan jangka panjang bagi wanita yang menyusui bayi mereka," kata Fox kepada UCLA Health.