Lebah Juga Lakukan 'Social Distancing' untuk Melindungi dari Parasit

By Wawan Setiawan, Rabu, 3 November 2021 | 13:00 WIB
Sebuah studi baru telah menemukan bahwa lebah madu, sama seperti manusia, mereka melakukan ‘jaga jarak’ di sarang ketika terkena parasit umum. (Boba Jaglicic)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi baru telah menemukan bahwa lebah madu, sama seperti manusia, menyebarkan diri di sarang ketika terkena parasit umum, dan ini dapat membantu mereka menahan wabah di dalam koloni. Strategi perilaku pada lebah madu ini patut kita contoh dalam upaya untuk membatasi penularan parasit.

Ketika pandemi COVID-19 pertama kali melanda, dunia menjadi akrab dengan kata social distancing. Meskipun istilah ini agak disayangkan (jarak fisik mungkin lebih baik), itu mengirim pesan yang jelas: menjauh satu sama lain dapat membantu menghentikan penyebaran virus ini.

Pendekatan jarak ini telah dilaporkan beberapa kali ditemukan juga pada jenis spesies yang sangat berbeda, dari babon yang menjauhi individu dengan infeksi saluran pencernaan hingga semut yang terinfeksi patogen yang berpindah ke pinggiran sarang semut. Kelelawar vampir, mandrill, dan guppy juga melakukannya. Kini, jenis perilaku ini telah dilaporkan ilmuwan untuk pertama kalinya terjadi juga pada lebah madu.