Menelisik Kehidupan Remaja Yunani Kuno, Pendidikan hingga Kawin Paksa

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 15 November 2021 | 15:00 WIB
Buku Herodotus menggambarkan pelelangan pengantin di mana remaja putri dijual kepada penawar tertinggi pria Babilonia. (Arkeonews)

Nationalgeographic.co.id - Pemuda adalah sama di setiap zaman. Tidak begitu sulit ditebak. Anda mungkin berasumsi bahwa remaja yang hidup ribuan tahun yang lalu menderita kesulitan, penindasan, dan bahaya. Faktanya, mungkin mengejutkan mengetahui bahwa pemuda zaman dahulu tidak jauh berbeda dengan zaman sekarang.

Pendidikan hanya untuk orang kaya

Bagi anak muda yang saat ini berjuang di sekolah, anak muda harus berjuang di sekolah selama ribuan tahun. Ini mungkin membuat mereka nyaman, tetapi ini benar. Di seluruh dunia kuno, anak-anak dan remaja dididik, mungkin ke tingkat yang lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka di Abad Pertengahan. Satu-satunya perbedaan dari zaman modern? Pada saat itu, Anda harus kaya.

Anak-anak Mesir harus berasal dari latar belakang kaya untuk menerima pendidikan formal. Jika demikian, mereka akan melanjutkan pendidikan membaca, menulis, dan berhitung. Di Yunani kuno, pendidikan mungkin lebih umum di tahun-tahun awal, tetapi hanya remaja kaya yang menerima pendidikan menengah – kali ini dalam retorika, sains, dan filsafat. jika Anda seorang budak atau sangat miskin, Anda mungkin tidak berniat menghabiskan waktu Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah geometri.

Halaman berikutnya...