Melestarikan Jasa Lingkungan Mangrove

By , Selasa, 17 Februari 2015 | 16:30 WIB

Pantai Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, hari Jum'at (13/2) riuh. Pada tanah timbul yang dibelah Sungai Loloan, para pegiat mangrove, tua-muda, putera-puteri, menyeberangi sungai, dan menanam bibit mangrove.

Sebagian pohon mangrove pantai Mertasari telah meranggas mati, lantaran tak tersentuh air laut. Sedimentasi yang membentuk tanah timbul menghalangi air laut menyentuh sebagian hutan mangrove.

Berbagai macam sampah terkumpul di pantai, menutupi akar-akar pohon, makin mempercepat kematian pohon mangrove. Penanaman para pegiat mangrove itu bakal memperkaya dan menumbuhkan kembali mangrove di pantai Mertasari.

"Mangrove mempunyai peran spesifik lokal yang tidak bisa digantikan oleh hutan lain," tutur Cecep Kusmana, pakar silvikultur Institut Pertanian Bogor dalam forum 'Mangrove for Nation: Mangrove untuk Pembangunan Berkelanjutan'. Cecep menuturkan mangrove hanya bisa tumbuh di daerah pasang surut. "Di luar itu tidak bisa."

Selain berperan secara ekologis, mangrove bermanfaat dalam pembangunan sebagai sumber pangan, papan, obat-obatan dan energi. Fungsi jasa lingkungan mangrove mencapai 95 persen. Namun, tanpa ada nilai 5 persen yang berupa kayu, jasa lingkungan 95 persen itu tidak akan ada.

Salah seorang peserta (Agus Prijono/National Geographic Indonesia)

!break!

"Mangrove berperan sebagai penyangga kehidupan untuk air, tanah dan udara. Di samping itu juga berfungsi sebagai penyerap karbon, tempat hidup ikan dan burung," papar Hilman Nugroho, Direktur Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Menurut hasil penelitian, hutan mangrove selebar 200 meter, dengan kerapatan pohon 3.000 per hektare, dengan diameter rata-rata 15 cm bisa meredam tinggi gelombang hingga 50-60 persen, dan kecepatannya ombak 40-60 persen," imbuh Cecep Kusmana. "Jadi, pohon-pohon mangrove memecah gelombang."

Untuk itulah, papar Hilman, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menginisiasi peta Mangrove Nasional. "Dimulai dari Pulau Jawa dan Sumatra. Pada 2012-2013, telah dilakukan rehabilitasi sekitar 31.675 hektare hutan mangrove di 423 kabupaten/kota," ungkap Hilman.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sutjipto dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo serta peserta lainnya siap melakukan penanaman bibit mangrove di Kota Denpasar, Bali. (Agus Prijono/National Geographic Indonesia)

Pada forum yang diselenggarakan oleh Kompas dan Pertamina itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengutarakan upaya pemerintah kota dalam melestarikan hutan mangrove. Ia memaparkan bahwa Rencana Tata Ruang Kota Surabaya terus berubah dari 1978 hingga 2008. Padahal, dia menegaskan, perlindungan hutan mangrove sangat tergantung pada rencana tata ruang.

Dia memaparkan bahwa pemerintah kota telah menyelamatkan 2.500 hektare, dari 3.600 hektare mangrove, yang belum dibebani izin. "Tapi, ya, dengan penyesuaian, pelan-pelan. Seiring waktu, memang hutan mangrove telah banyak berubah, banyakmizin sudah dikeluarkan. Hutan yang diselamatkan itu dikembalikan menjadi kawasan konservasi mangrove pantai timur Surabaya (Pamurbaya)." Upaya pelestarian mangrove di Surabaya juga mengajak masyarakat terlibat.

"Siapa saja, siswa-siswi, pelajar, TNI-Polri dan seluruh LSM." Namun, Tri Rismaharini menuturkan, tetap saja ada pihak yang ingin mendapatkan izin untuk melepas kawasan mangrove yang telah dilestarikan itu. "Mungkin ngetes saya.... Tapi tidak saya lepaskan kawasan itu. Sampai kapan pun tidak akan saya lepas."