Benarkah Ada Penemuan Sphinx Baru di Dekat Giza? Simak Klarifikasinya

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 19 November 2021 | 16:00 WIB
Patung Sphinx di Giza, Mesir. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—unia Arkeologi Mesir sedang digemparkan oleh sebuah kabar yang mengejutkan. Reda Abdel Halim, direktur hubungan masyarakat untuk distrik piramida Giza di Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, mengatakan kepada media lokal bahwa ia menemukan patung baru yang mirip dengan Sphinx Agung. Menurut pernyataannya, tugu itu berukuran 73 meter, dengan kepala berukuran 20,5 meter, dan tangan terjulur lebih dari 15,5 meter. Dia menambahkan bahwa penelitian ilmiah yang diterbitkan di Universitas Zagazig mengkonfirmasi keberadaan patung ini.

Akan tetapi, para arkeolog terkemuka telah membalas pernyataan Halim mengenai tugu tersebut.

"Ini sama sekali tidak benar," Ujar Zahi Hawass, mantan Menteri Negara Urusan Purbakala Mesir. Dia menambahkan, “Sphinx merupakan tugu yang unik di Mesir dan dunia.  Setiap pembicaraan tentang penemuan patung serupa lainnya tidak berdasar dan hanya memiliki satu tujuan, yaitu menciptakan keriuhan media."

"Studi dan penelitian harus dipublikasikan dalam jurnal ilmiah sehingga kami dapat menjawab dengan bukti ilmiah," ungkap Zahi. Dia menepis adanya temuan teks di Sphinx yang menyebutkan keberadaan lain patung yang serupa dengan Sphinx.

“Selama bertahun-tahun saya memimpin area piramida Giza, kami bekerja bersama dengan para ahli arkeolog Mesir dan ahli arkeolog asing, memindai seluruh area, dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa tidak ada patung Sphinx lain,” ujarnya.