Hasil Studi Beri Petunjuk Mengapa Anjing Suka Memiringkan Kepala

By Maria Gabrielle, Selasa, 9 November 2021 | 16:00 WIB
Para ilmuwan mendapati hubungan potensial antara ingatan anjing dan kemiringan kepala mereka. (Peter Goblyos / Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Anjing menjadi salah satu binatang peliharaan pilihan banyak orang. Diketahui hewan berkaki empat itu sudah menjadi sahabat manusia sejak ribuan tahun lalu. Menurut data statistik kepemilikan hewan di Amerika Serikat pada laman American Veterinary Medical Association di tahun 2017 – 2018 saja total lebih dari 76 juta ekor anjing dipelihara di sana.

Hewan ini memang dikenal patuh dan setia. Tingkah lakunya pun menggemaskan misalnya saat memiringkan kepala. Ternyata, ada fakta menarik di balik perilaku tersebut. Melansir dari Smithsonian Magazine, ketika para ilmuwan melakukan penelitan mengenai kemampuan anjing untuk mempelajari kata-kata, mereka mendapati potensi adanya hubungan antara ingatan anjing dan kemiringan kepala mereka.

“Kami menyelidiki frekuensi dan arah perilaku ini dalam menanggapi vokalisasi verbal tertentu dari manusia. Kami melakukannya setelah menyadari bahwa itu sering terjadi ketika anjing mendengarkan pemiliknya,” ujar Andrea Sommese, seorang peneliti ilmu hewan di Universitas Eötvös Loránd, Budapest kepada Smithsonian Magazine.

Halaman selanjutnya...