Mumi Janin dalam Peti Mati Kecil, Mumi Termuda dari Mesir Kuno

By Utomo Priyambodo, Selasa, 9 November 2021 | 17:00 WIB
Peti mati kecil yang menyimpan mumi janin Mesir kuno. (Fitzwilliam Museum)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah peti mati mini yang ditemukan lebih dari seabad lalu ternyata menyimpan mumi termuda dari Mesir kuno. Ketika para arkeolog pertama kali menemukan peti mati seukuran kotak sepatu itu pada tahun 1907, mereka menganggap peti mati tersebut berisi organ-organ yang dikeluarkan dari tubuh mumi dewasa sebelum dimakamkan.

Namun berdasarkan hasil penelitian terbaru oleh para peneliti di Inggris, peti mati kecil berukuran sepanjang 44 sentimeter itu ternyata berisi sisa jenazah Mesir termuda yang pernah dibalsem untuk dijadikan mumi. Hasil pemindaian computed tomography (CT) mengungkapkan bahwa peti mati itu ternyata tidak menyimpan organ-organ dalam milik mumi dewasa, tetapi berisi mumi kecil janin manusia.

"Selama bertahun-tahun diperkirakan isinya adalah sisa-sisa organ-organ dalam yang dimumifikasi yang dikeluarkan secara rutin selama pembalseman jenazah," kata Fitzwilliam Museum di Cambridge, sebagaimana dikutip dari Science Alert. Peti mati mini yang berisi mumi janin itu kini disimpan di museum tersebut.

Halaman selanjutnya...