10 Gunung Api yang Gemparkan Dunia

By , Senin, 13 April 2015 | 19:00 WIB

Inilah 10  negara yang memiliki gunung berapi paling berisiko di dunia. Letusan yang dihasilkan oleh gunung-gunung berapinya membawa dampak yang menggemparkan dunia. Simak ulasan berikut ini:

Indonesia

Gugusan bintang terlihat dengan latar depan bibir kaldera Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat. Kaldera memiliki luas diameter 7 kilometer yang terbentuk akibat letusan dahsyat pada tahun 1815. (kompas.com/Kristianto Purnomo)

200 tahun sudah gunung Tambora meletus dengan dahsyatnya, lebih dari 71.000 orang tewas dan dunia mengalami perubahan iklim. Dunia mencatat letusan Tambora sebagai salah satu gunung berapi yang menggemparkan dunia.

Selain Tambora, Merapi merupakan gunung berapi yang masih aktif statusnya hingga saat ini. Foto di atas merupakan dokumentasi evakuasi dari letusan Merapi di tahun 2010.

Filipina

Gunung Mayon (shutterstock)

Pada 2013 Gunung Mayon  secara tiba-tiba meletuskan tenaga freatik dan  menewaskan lima pendaki dan tujuh terluka. Letusan  freatik adalah proses dimana air merembes melalui ruang magma kemudian meledak menjadi uap panas.

Jepang

Gunung Sakurajima (shutterstock)

Gunung Sakurajima adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif di dunia ini. Sama seperti Tambora, gunung ini akan meledakkan isi perutnya dalam kurun waktu ratusan tahun.

Meksiko

Foto ini didokumentasikan oleh NASA ketika melaksanakan orbit dari (NASA)
Foto ini didokumentasikan oleh NASA ketika mengorbit dari timur laut gunung ini. (NASA)

Popocatépetl mengepulkan uap panas sejak terbangun dari tidurnya di tahun 1994. Popo yang menjadi gunung tertinggi kedua (5.426 mdpl) di Amerika Utara ini  hanya berjarak 64 kilometer dari kota Meksiko.

Ethiophia