Temuan Kano Kuno Utuh dari Danau Mendota Berusia Ribuan Tahun

By Maria Gabrielle, Kamis, 11 November 2021 | 16:00 WIB
Kano kuno itu ditemukan di kedalaman 27 kaki atau 8,2 meter. (JOHN HART / STATE JOURNAL)

Nationalgeographic.co.id—Penemuan benda-benda dari masa lampau tidak jarang didapat dengan cara yang tidak terduga. Seperti penemuan sebuah kano kuno (dugout canoe) berusia ribuan tahun di Wisconsin, Amerika Serikat.

Dilansir dari The Guardian, seorang arkeolog maritim bernama Tamara Thomsen dan temannya, Mallory Dragt pergi ke Danau Mendota, Madison, Wisconsin untuk bermain skuter bawah air pada bulan Juni lalu. Kala itu, keduanya tersandung dan CNN melaporkan, mereka melihat sesuatu yang nampak seperti logam mencuat dari dasar danau.

Ketika Tamara Thomsen menyelidiki lebih lanjut, dia menyadari bahwa itu adalah kano. Kano kuno itu ditemukan di kedalaman 27 kaki atau 8,2 meter dan dibawa ke tepian minggu ini.

“Ini adalah pertama kalinya benda tersebut keluar dari air dalam (kurun waktu) 1.200 tahun,” ujar Jim Skibo, seorang arkeolog, kepada The Guardian.

Berdasarkan penanggalan karbon terungkap kano tersebut berusia lebih dari 1.000 tahun. Nenek moyang dari orang-orang Ho-Chunk, penduduk asli Amerika yang dikenal sebagai People of the Big Water, membangun dugout canoe di daerah tersebut dengan membakar bagian dalam kayu gelondongan dan mengikisnya dengan perkakas batu.

Halaman selanjutnya...