7 Hewan dengan Masa Mengandung Terlama

By , Jumat, 8 Mei 2015 | 18:30 WIB

Ibu manusia mengandung bayinya selama 9 bulan. Tidak demikian dengan hewan-hewan di bawah ini. Beberapa dari mereka bahkan hamil selama hampir satu tahun penuh.

Siapa saja dan berapa lamakah masa mengandung hewan-hewan itu?

Cumi-cumi

Induk dari cumi-cumi ini barangkali menjadi induk yang sangat berdedikasi tinggi. Bayangkan saja, induk cumi-cumi ini telah menyimpan dan membawa telur-telurnya selama kurang lebih 4,5 tahun, menurut peneliti. Induk cumi-cumi jenis Graneledone boreopacifica yang ditemukan di teluk California di tahun 2011 ini tercatat sebagai hewan dengan rekor periode perkembangan terlama. Tidak hanya itu, induk cumi-cumi juga dikenal akan sifat protektifnya. Ketika kepiting kecil yang menjadi makanannya berenang di sekitar sang induk, induk cumi-cumi malah akan menjauh, mencurigai sang kepiting akan melukai dan memangsa telur-telurnya. Menurut para peneliti, itulah sebabnya mengapa sang induk tidak makan sepanjang hamil.

Hiu berjumbai

Menurut studi yang diterbitkan di Japanese Journal of Ichthyology, induk dari hiu spesies ini mengandung anaknya selama kurang lebih 3,5 tahun. Spesies hiu ini memang tidak bertelur, melainkan langsung melahirkan anaknya.

Salamander Alpin

Amfibi ini biasanya bersembunyi di bawah batuan dan batang pohom di pegunungan sebelah timur dan barat Eropa. Yang membedakan salamander alpin dari jenis salamander lainnya adalah bahwa jenis salamander ini tidak bertelur, melainkan beranak dengan masa kehamilan dua sampai empat tahun.

Gajah Afrika

Induk dari gajah Afrika ini dikenal sebagai induk dengan rekor mengandung terlama yang dimiliki mamalia, yakni 22 bulan. Mereka juga memiliki siklus masa subur atau siklus menuju masa reseptif yang lama, yakni 15 sampai 16 minggu.

Paus pembunuh

Paus pembunuh hidup berkelompok, dengan anggota sebanyak 2 hingga 15 ekor. Lamanya masa mengandung induk paus pembunuh adalah 15 hingga 18 bulan. Paus pembunuh tidak memiliki musim hamil tertentu, sehingga kelahiran bisa kapan saja terjadi.

Jerapah