Siapakah Budak dalam Lukisan Keluarga Pendiri Universitas Yale?

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 12 November 2021 | 16:00 WIB
Senama Yale duduk di tengah potret grup ini, Elihu Yale Dengan Anggota Keluarganya dan Anak yang Diperbudak (sekitar tahun 1719, dikaitkan dengan John Verelst). ()

Nationalgeographic.co.id-Selama beberapa dekade, potret yang meresahkan dari pendiri Universitas Yale dan dermawan awal, kolonis Inggris-Amerika Elihu Yale, membawa deskripsi yang sangat tidak lengkap. Lukisan itu menunjukkan empat pria kulit putih dengan pakaian mahal abad ke-18 berpose di sekitar meja, dengan Yale di tengahnya. Saat para pria merokok dan menghisap madeira, cucu-cucu Yale bermain di lapangan di belakang mereka.

Di sudut kanan kanvas, seorang anak keturunan Afrika menuangkan anggur untuk kelompoknya. Dia mengenakan pakaian merah dan abu-abu yang bagus dan kerah perak dikalungkan di lehernya.

Pertama kali disumbangkan ke Yale Center for British Art (YCBA) pada 1970, yang dipamerkan secara sporadis selama lima dekade terakhir. Lukisan itu awalnya ditampilkan dengan teks dinding yang mencantumkan judul pria tetapi tidak menyebutkan anak yang diperbudak di sisi mereka. Ketika galeri digantung kembali pada 2016, sebuah baris baru mengakui sedikit di luar pakaian anak laki-laki itu: "Tidak ada yang diketahui, kecuali bahwa coraknya mengidentifikasi dia sebagai seorang pelayan, dan kerah yang digembok menunjukkan bahwa dia diperbudak."

Halaman berikutnya...