Tantangan dari Pedalaman Negeri Belahan Selatan

By , Rabu, 20 Mei 2015 | 11:10 WIB

Jalur lurus itu membentang di hadapan mata. Aspal mulus amat menggoda untuk segera kita jelajahi dengan kendaraan ganda. Semak belukar tampak di sisi jalan, menjadi pelengkap lanskap yang pas. Rute ratusan kilometer yang menantang tentu akan menghadirkan dopamin dalam penjelajahan negeri di belahan selatan ini. Selamat datang di penjelajahan darat yang menakjubkan!

Pilihan pertama, kita berkendara mobil gardan ganda dengan melintasi Gibb River Road yang berbukit-bukit, berhenti sejenak untuk berenang di ngarai berbatu yang sejuk dan menginap di stasiun pedalaman yang luas. Untuk menjalani rute sepanjang 660 kilometer yang melewati kawasan Kimberley yang luas ini kita membutuhkan waktu delapan hari. Selama itu, kita akan menjelajahi pedalaman utara dari negara bagian Australia Barat (Western Australia).

Dalam perjalanan itu, kita dapat menyaksikan buaya air tawar di Taman Nasional Windjana Gorge, lalu berenang, berjalan-jalan ke padang semak dan berkemah di ngarai Lennard Gorge dan Bell Gorge. Kita juga dapat terbang dan menikmati pemandangan indah di atas Air Terjun Mitchell dan Dataran Tinggi Mitchell yang luas. Lalu bermalam di Taman Hutan Belantara El Questro yang memiliki luas satu juta ekar. Dari sini kita dapat berkuda untuk melihat dari dekat margasatwa di Kimberley, lalu berlayar menyusuri ngarai Chamberlain Gorge melewati tebing curam yang menjulang tinggi dan seni cadas Wandjina. Kita bahkan dapat menikmati pemandangan ini dengan bersepeda gunung dalam acara sosial Brisbane to Broome Charity Bike Ride.

Di wilayah Kimberley, di pedalaman Australia Barat, kita dapat menyaksikan ngarai indah seperti ini. (Tourism Australia)

Untuk memulai rute Gibb River Road itu, kita dapat memulai perjalanan dari Derby di tepian selat King Sound menuju ke Taman Nasional Windjana Gorge, tempat terbaik di Australia untuk melihat buaya air tawar di alam bebas. Dalam hari pertama ini kita dapat berjalan-jalan di ngarai Windjana Gorge, yang bagai terpahat dari pegunungan Napier Range oleh Sungai Lennard. Saksikan kehidupan burung yang berlimpah di sini dan ratusan buaya yang sedang berjemur di dekat lubang air.

Dari Windjana, arahkan langkah ke Tunnel Creek, dahulu pernah digunakan sebagai tempat persembunyian pemimpin kaum Aborigin, Jandamarra. Telusuri sungai kecil ini melewati terowongan sejauh 750 meter ke sisi lain perbukitan Napier Range. Jangan lupa membawa senter dan kamera untuk memotret berbagai spesies kelelawar dan bebatuan kapur yang telah berusia sekurangnya 350 juta tahun. Setelah itu, kita dapat kembali ke perkemahan di Taman Nasional Windjana Gorge untuk menikmati fasilitasnya, perapian dan bintang-bintang yang berkilauan di angkasa.

Menyusuri pantai dengan menaiki unta di Kimberley, pedalaman Australia Barat. (Darren Tieste/Tourism Australia)

Pada hari ke delapan, perjalanan panjang itu dapat kita tutup dengan menyaksikan ngarai Emma Gorge dengan pohon-pohonnya yang penuh kupu-kupu, tumbuhan merambat dan danau besar berwarna biru kehijauan. Setelah satu jam berjalan ke ngarai ini, kita dapat bonus penjelajahan yang mengasyikkan: berenang atau pijat lembut di bawah curah air terjun permanen di Emma Gorge Resort. Berlokasi di tengah-tengah pepohonan palem dan pandan, tempat ini sangat cocok untuk bersantai sebelum petualangan Gibb River Road Anda berakhir di persimpangan Wyndham atau Kununurra.

Masih di Australia Barat, kita bisa memilih rute perjalanan darat sejauh 2.000 kilometer yang bermula dari ibu kota negara bagian: Perth. Perjalanan yang dapat ditempuh selama enam hari dengan kendaraan gardan ganda ini akan menyusuri jalan raya Eyre Highway melintasi Dataran Nullarbor yang luas, tidak berpohon dan mempesona.

Perjalanan darat menakjubkan juga dapat kita jalani melalui jalan raya Eyre Highway di Australia Barat. (Van Beets/Thinkstock)

Lanskap jalan raya beraspal mulus itu menyajikan panorama alam yang dapat membuat kita terpesona. Tengoklah bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan berubah membentuk dataran yang dipenuhi bluebush dan lihat langsung kawanan kanguru yang berjajar di tepi jalan. Kunjungi lahan peternakan yang luas, rumah-rumah bersejarah dan pos kereta api yang terpencil. Lalu, kita dapat melihat lebih dekat berbagai spesies burung langka di Eyre, amati paus sikat selatan dari Bunda Cliffs yang berbatu serta kawanan ikan di Fowlers Bay. Kita bisa menginap semalam di losmen dan bumi perkemahan yang tersebar di sepanjang jalan raya.

Hari pertama perjalanan kita dibuka dengan jalur South-West, Beaches and Goldfields Drive yang mengarahkan kendaraan dari Perth menuju Norseman, tempat dimulainya perjalanan ini. Lihat langsung berbagai monumen seukuran aslinya menuju ke kereta unta yang ada sejak zaman dahulu sebelum mengarah ke timur menyusuri jalan raya Eyre Highway. Kita dapat berkendara melintasi hutan Cagar Alam Dundas dan mendaki bukit granit Fraser Range yang permai, yang dikitari oleh hutan pohon kayu keras eukaliptus terbesar di dunia.

Emma Gorge Resort di Australia Barat (Oliver Strewe/Tourism Australia)

Kita juga dapat menjelajahi pohon blackbutt, pohon gum salmon dan pohon gimlet hijau yang menjulang tinggi, yang hanya merupakan sebagian dari 20 spesies pohon eukaliptus. Tengok puncak Gunung Pleasant yang menjulang di tengah hutan, kunjungi pusat peternakan domba di Fraser Range, dan amati berbagai spesies burung, unta dan bunga liar dalam sebuah penjelajahan padang semak.Kita dapat berkendara ke Newman Rocks untuk melihat pemandangan hutan, bukit dan dataran.

Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat untuk berpiknik. Sedikit lebih jauh terdapat Balladonia, tempat di mana bagian dari stasiun luar angkasa Skylab AS jatuh ke bumi pada tahun 1979. Di malam hari, kita dapat menginap di losmen atau bumi perkemahan.

Dalam perjalanan ini kita juga akan melewati perbatasan antara negara bagian Australia Barat dan Australia Selatan pada hari keempat. Saat melewati perbatasan, kita akan mendapatkan zona waktu yang berbeda. Pada hari itu, berawal dari Madura, jalan raya yang diapit perbukitan terbentang hingga ujung cakrawala sejauh 116 km menuju Mundrabilla.

Savannah Way di pedalaman Australia. (Maxime Coquard/Tourism Australia)

Kita dapat mengisi perbekalan makanan dan bahan bakar sebelum mendaki kembali ke puncak Hampton Tableland menuju Eucla, tempat bukit-bukit pasir berpindah yang menakjubkan di Taman Nasional Eucla. Kunjungi stasiun telegraf kuno, yang dulunya merupakan stasiun telegraf regional yang paling sibuk di Australia, yang perlahan tapi pasti tertutupi oleh bukit pasir.