Pemanasan Saat Ini Belum Pernah Terjadi Dalam 24.000 Tahun Terakhir

By Ricky Jenihansen, Minggu, 14 November 2021 | 09:00 WIB
Suhu permukaan rata-rata global sejak zaman es terakhir 24.000 tahun yang lalu. (Matthew Osman)

Nationalgeographic.co.id - Menurut penelitian baru yang dipimpin University of Arizona, Amerika Serikat, pemanasan global saat ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam 24.000 tahun terakhir. Kecepatan pemanasan global yang disebabkan manusia selama 150 tahun terakhir lebih cepat dari apa pun yang terlihat sejak zaman es.

Jessica Tierney, rekan penulis penelitian kepada University of Arizona mengatakan hasil rekonstruksi yang mereka lakukan menunjukkan tren pemanasan umum selama 10.000 tahun terakhir. Mereka juga memverifikasi bahwa pendorong utama perubahan iklim sejak zaman es terakhir adalah meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca dan mundurnya lapisan es.

"Rekonstruksi menunjukkan bahwa suhu saat ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam 24.000 tahun, dan juga menunjukkan bahwa kecepatan pemanasan global yang disebabkan manusia lebih cepat daripada apa pun yang telah kita lihat pada waktu yang sama," kata Tierney yang merupakan profesor di University of Arizona.

Temuan tersebut menyelesaikan perdebatan selama satu dekade tentang apakah periode ini cenderung lebih hangat atau lebih dingin di komunitas paleoklimatologi. Studi itu telah diterbitkan baru-baru ini di jurnal Nature dengan judul "Globally resolved surface temperatures since the Last Glacial Maximum".

Baca Juga: Akibat Perubahan Iklim nan Ekstrem, Struktur Atmosfer Bumi Berubah

Tierney, yang mengepalai lab tempat penelitian ini dilakukan, juga dikenal karena kontribusinya pada laporan Panel Antar pemerintah tentang Perubahan Iklim dan pengarahan iklim untuk Kongres AS.

"Fakta bahwa kita saat ini berada jauh di luar batas dari apa yang mungkin kita anggap normal adalah penyebab alarm dan seharusnya mengejutkan semua orang," kata penulis utama studi Matthew Osman, peneliti postdoctoral geosains di University of Arizona.

Beruang kutub telah menjadi simbol pemanasan global, karena lanskap Arktik adalah salah satu yang pertama menyerap dampak kenaikan suhu. (BJORN ANDERS NYMOEN via National Geographic)

Pencarian daring "perubahan suhu global sejak zaman es terakhir" akan menghasilkan grafik perubahan suhu global dari waktu ke waktu yang dibuat delapan tahun lalu. "Rekonstruksi tim kami meningkatkan kurva itu dengan menambahkan dimensi spasial," kata Tierney.

Tim membuat peta perubahan suhu global untuk setiap interval 200 tahun hingga 24.000 tahun terakhir. "Peta-peta ini sangat kuat," kata Osman. "Dengan mereka, mungkin bagi siapa saja untuk mengeksplorasi bagaimana suhu telah berubah di seluruh Bumi, pada tingkat yang sangat pribadi. Bagi saya, dapat memvisualisasikan evolusi suhu selama 24.000 tahun di lokasi yang tepat saya duduk hari ini, atau di mana saya berada tumbuh, benar-benar membantu menanamkan rasa betapa parahnya perubahan iklim saat ini."

Baca Juga: Perubahan Iklim: Permasalahan yang Memicu Krisis Kesehatan Masyarakat

Ada berbagai metode untuk merekonstruksi suhu masa lalu. Tim menggabungkan dua kumpulan data independen, data suhu dari sedimen laut dan simulasi komputer tentang iklim untuk menciptakan gambaran masa lalu yang lebih lengkap.