Fakta Tentang Bintang Laut

By , Sabtu, 6 Juni 2015 | 14:00 WIB

Bintang laut merupakan salah satu hewan yang indah dan memiliki banyak macam warna, ukurang, serta bentuk (yang hampir semuanya mirip bintang). Mereka memiliki tubuh yang halus dengan duri-duri di atas permukaan badannya yang lembut. Di bagian bawah tubuh, mereka memiliki kaki tabung yang akan bergerak-gerak jika kita balikkan badannya. Hewan laut ini juga menjadi ikon yang menarik. Yuk, kita cari tahu 10 fakta tentang bintang laut!

1. Bintang laut bukan ikan

Meskipun mereka hidup di dalam air, namun mereka bukan ikan. Bintang laut tidak memiliki insang, sisik atau sirip. Bintang laut juga bergerak dengan gerakan yang cukup berbeda dari ikan. Ikan bergerak dengan cara mendorong tubuh mereka menggunakan ekor, sedangkan bintang laut bergerak dibantu dengan kaki tabung mereka yang kecil.

2. Bintang laut adalah Ekinodermata

Ya, bintang laut termasuk dalam Filum Ekinodermata, itu artinya mreka memiliki lima titik simetri radikal, dimana tubuh mereka dibuat terdiri dari lima bagian atau kelipatannya yang disusun di sekitar pusat disk.

3. Ada ribuan spesies bintang laut

Terdapat sekitar 2.000 spesies bintang laut. Ada yang berada di zona interdial, di perairan yang dalam, di daerah tropis, dan beberapa di perairan yang dingin.

4. Tidak semua bintang laut memiliki lima lengan

Meskipun jenis bintang laut dengan lima lengan yang paling banyak kita ketahui, namun nyatanya tidak semua dari mereka yang memiliki lima lengan. Ada beberapa jenis yang memiliki lebih dari lima lengan, misalnya saja bintang matahari yang memiliki hingga 40 lengan.

5. Lengan bintang laut dapat tumbuh kembali

Bintang laut memang dapat menumbuhkan kembali lengan mereka yang hilang. Hal ini juga berguna ketika mereka terancam oleh predator, sehingga mereka dapat memutuskan lengannya kemudian pergi. Tumbuhnya lengan baru pada bintang laut, biasanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun.

!break!

6. Bintang laut dilindungi “baju besi”

Ini maksudnya adalah, kulit tubuh bintang laut yang kasar atau sedikit berduri, namun tidak semua spesies memiliki kulit tubuh seperti ini. Bagian atas bintang laut merupakan penutup yang keras, terdiri dari kalsium karbonat dengan duri kecil pada permukaannya. Ini juga dapat digunakan dalam melindungi diri ketika predator datang mengancam.