Apakah Ada Kebohongan dalam Kematian Osama bin Laden?

By , Kamis, 18 Juni 2015 | 10:40 WIB

Sebuah pemaparan kontroversial tentang kematian Osama bin Laden yang baru-baru ini muncul menyatakan terdapat persekongkolan tingkat tinggi pemerintah Amerika Serikat dan Pakistan untuk membunuhnya.

Saya telah menyelidiki al-Qaida dan Bin Laden untuk BBC selama hampir dua puluh tahun, yang membuat saya mengunjungi berbagai tempat, mulai dari gua Tora Bora sampai kompleks bertembok tinggi Pakistan, lokasi tepat dia terbunuh. Apakah teori terbaru ini ada benarnya?

Seymour Hersh, wartawan investigatif kawakan Amerika, telah membuat malu pemerintah AS sebelumnya lewat laporannya tentang pembantaian My Lai di Vietnam dan penyiksaan di penjara Abu Ghraib, Irak.

Dia berusaha menyembunyikan diri selama beberapa minggu karena diserang sebagian besar media AS, tetapi Hersh bersedia berbicara kepada saya terkait tulisannya yang dimuat London Review of Books.

Serangan palsu

Hersh mengatakan intelijen Pakistan (ISI) menahan Bin Laden selama hampir enam tahun di kota garnisun Abbottabad dan begitu saja diserahkan ke Amerika lewat sebuah serangan yang dibuat-buat.

Dengan demikian, menurut Hersh, penjelasan resmi pejabat AS adalah "dongeng" belaka.

Michael Morell, wakil direktur CIA yang memimpin pengumpulan data intelijen dan berada di pusat operasi CIA pada malam penyerangan tahun 2011, memberikan penjelasan pribadinya kepada saya dan pandangannya tentang teori Hersh.

"Itu sampah, sampah, hampir semua kalimatnya tidak tepat," kata Morell.

Polisi Pakistan menjaga kompleks Bin Laden setelah penyerangan tahun 2011.

Penjelasan CIA selalu melibatkan seorang kurir, pendukung al-Qaida, yang mereka katakan telah diikuti selama lebih delapan tahun sampai dia membimbing mereka ke kompleks Bin Laden.

Saat pembunuhannya, saya mengungkapkan kepada program BBC Panorama bahwa ISI memberikan CIA sebuah nomor telepon genggam tanpa menyadari pentingnya benda itu.

Pelacakan AS terhadap nomor tersebut pada akhirnya membawa mereka ke kurir tersebut. Beberapa analisis CIA dan pejabat tinggi Amerika memberikan kesaksian tentang ditemukannya dan pelacakan jejak kurir itu.Disembunyikan Pakistan